Hadis Tarbawi ( Cita-Cita dan Harapan Belajar)

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 
Cita-cita, tujuan, dan harapan setiap anak didik sejak kecil perlu ditumbuhkan dalam pendidikan, agar sejak dini anak didik terarah, kemampuan, hobi dan bakatnya terutama pada jenjang pendidikan yang akan dilaluinya. Setiap aktivitas yang dilalukan manusia harus ada harapan dan tujuan, tak ada manfaatnya sebuah aktivitas tak ada arah tujuan yang dicita-citakan, apalagi berurusan dengan pendidikan. Manusia yang hidup memang harus mempunyai cita-cita, tujuan dan harapan yang menggairahkan semangat kerja , semangat usaha, dan semnagat belajar dan bekerja. Tak berarti orang hidup tanpa cita-cita, tanpa tujuan, dan tanpa harapan dampaknya membuat lemah semangat belajar dan semnagt etos kerja. Sebagian orang mengatakan, bahwa hidup tanpa cita-cita bagaikan langit tanpa bintang. Cita-cita yang digantung seorang pelajar hendaknya lebih tinggi dan lebih besar, jangan lebih kecil. Cita-cita yang besar iniah yang akan membuat seseorang menjadi besar. Syair Arab mengatakan:
كُنْ رَجٌلاً رِحْلُهُ تَحْتْ الْجِبَالِ # وَهِمًّتُهُ فَوْق الثُّرَيَّ والزُّحَلِ
Jadilah engkau seorang sekailpun kakinya di bawah gunung, tetapi cita-citanya di atas bintang tsuraya dan zuhal.
Untuk mendalami hadis tentang cita-cita dan harapan bagi pelajar berikut ini akan dipaparkan secara tematik yaitu cita-cita pelajar, ingin menjadi mukmin yang kuat dan kesuksesan ilmu sehingga menjadi orang yang berguna.
B. Rumusan Masalah
a. Apa itu cita-cita pelajar
b. Apa tujuan pendidikan
c. Apa itu kesuksesan ilmu
d. Bagaimana mejadi ulama
C. Tujuan Masalah
a.Untuk mengetahui hadist cita-cita 
b.Untuk mengaetahui tujuan pendidikan
c. Untuk mengetahui kesuksesan ilmu
d. Untuk mengetahui menjadi ulama
BAB II
PEMBAHASAN
A. CITA-CITA PELAJAR
a. Hadist cita-cita
عَنْ عَبْدِاللهِ بْنَ مَسْعُودٍ قَال : قَالَ النَّبِيٌّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَمَ لاَ حَسَدَ إِلاَ فِي اثْنَتَيْنِ رَجُلٌ اَتَاهُ اللهُ مَالاً     فَسُلِّطَ عَلَى هَلَكَتِهِ فِى الحَقِّ وَرَجُلٌ اتَاهُ الله الْحِكْمَةَ فَهُوَ يَقْضِي بِهَا وَيُعَلِّمُهَا ( متفق عليه) 
 
b. Kosakata ( mufrodat)
1. لَ حَسَدَ  Tidak ada iri yang diperbolehkan, maksud iri disini adalah ghitbah tidaksyar'i yaitu berharap memiliki nikmat yang dimiliki orang lain 
2. فَسُلِّطَ هَلَكَتِهَ : Dikuasakan, dimungkinkan dibelanjakan
3. فِي الحَقِّ :  Pada berbagai kebaikan 
4. الحِكْمَتَ :  Ilmu yang bermanfaat, ilmu syar', Al-Qur'an
5. يَقْضِي بِهَا : Mengamalkan, berhukum dan berfatwa sesuai dengan tuntutannya.
c. Terjemahan 
Dari abdullah bin Mas'ud berkata : rasullulah SAW bersabda: "Tidak iri (hasut) yang diperbolehkan, kecuali pada orang; seseorang yang diberi kekayaan oleh Allah, lalu dia kuasakan atas kebelanjaaanya pada jalan kebenaran. Dan seorang yang diberi hikmah (Ilmu yang bermanfaat) oleh allah SWT, ia  amalakan dan ia ajarkannya kepada orang lain". (HR. Muttafaq Alayh).
d. Penjelasan (Srarah Hadus)
Hadis ini menjelaskan ada dua hasut (iri hati) yang diperbolehkan dalam islam. Pertama, harta benda seseorang yang didermakan di jalan Allah. Kedua, ilmu pengetahuan yang dimilki seseorang dan kemudian diamalkan dan dajarkan. Hasut atau iri disini diartikan ghitbah yang diperbolehkan bukan Syar'i yang terlarang. Ghitbah .
تَمَنِّى الْمَرْءِأنْ لَهُ مِثْلُل هَذِهِ النِّعْمَةِ مَعَ بَقَا ئِهَا لِصَا حِبِهَا
Cita-cita seseorang memiliki nikmat ini seutuhnya serta utuhnya nikmat itu bagi pemiliknya
  Berbeda iri atau hasut syar'i yang terlarang, yaitu:
تَمَّنِّى زَوَالِ النِّعْمَةِ مِنْ غَيْرِهِ
Mengharapkan lenyapnya nikmat dari orang lain
Iri Ghitbah seperti di atas diperintahkan bagi setiap orang karena termasuk bagian dari berbalap dalam kebaikan ( fastaqul hayrat), terutama bagi pelajar perlu mempunyai cita-cita yang tinggi supaya dapat memotivasi hidup dalam perjuangan mencapai cita-cita yang tinggi itu. Dalam pepata arab sebagaiman di atas dikatakan "Jadilah engkau seseorang manusia sekalipun kakinya di bawah gunung tetapi cita-citanya di atas binta sturayyu dan zuhal". Dalam mendidik anak sejak kecil perlu ditumbuhakan cita-cita, agar dapat mendorong lebih giat belajarnya dan terarang jenjang serta jurusan pendidikan yang akan diempuh. 
Iri ghitbah identik dengan cita-cita atau harapan yang menjadi orang sukses seperti oarang lain yang telah sukses. Cita-cita yang diinginkan konkrit karena telah melihat bukti nyata ditengah-tengah masyarakat. Sebagimana yang telah disebutkan dalam hadis ada dua macam bentuk iri atau cita-cita yang diinginkan, yaitu:
1. Ingin menjadi seseorang yang sukses dalam harta
   Pada hadis di atas disabdakan Nabi SAW: 
رَجُلٌ أتَا هُ الله مَا لاَ فَسُلْطَ عَلَى هَلَكَتِهِ فِى الحَقٌ
"Ssungguhnya seseorangyang diberi kekayaan harta oleh Allah, lalu dikuasakan atas belanjakannya pada jalan kebenaran."
dalam Bukhari dan Ahmad riwayat Ibnu Umar menggunakan redaksi:
فَهُوَ يُنْفِقُهُ اَنآءَ النَّهَا ر
"ia dermakan seanjang malam dan sepanjang siang."

Harta itu didermakan di jalan kebaikan sepanjang waktu, seluruh hartanya baika yang kecil maupun yang besar didermakn di jalan Allah. Bukan untuk maksiat dan bukan untuk disia-siakan yang tidak ada manfaat dunia akhirat. 
Seseorang boleh berkeinginan menjadi seseorang yang sukses dalam usaha, sukses dalam materi, kemudian ia bisa membelanjakannya ke jalan kebaikan dan kebenaran. Dalam Islam harta itu selain dibelanjakan untuk kepentingan pribadi juga kepentingan keluarga secara seimbang dan adil. Harta itu selain dibelanjakan untuk keluarga juga untuk kepentingan sosial di jalan Allah. Seorang anak boleh mempunyai cita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses yang mendermkan hartanya ke jalan kebaikan seperti orang itu. Anak juga boleh mempunyai cita-cita ingin menjadi seorang dokter, insyinyur, menteri, gubernur, bahkan presiden sekalipun, dan lain-lain. Harta dan jabatan itu nanti akan dibelanjakan ke jalan kebaikan atau untuk membantu sosial keagamaan seperti membantu pembangunan mesjid, mushola, pesantren, madrasah, fakir miskin, dan yatim piatu. 
2. Ingin Menjadi Orang Sukses dalam Ilmu
Rasullulah SAW. Menjelaskan yang diperbolehkan kedua sebagai berikut
رَجُلٌ اَتَاهُ الله الحِكْمَةَ فَهُوَ يَقْضِي بِهَا وَيُعَلِّمُهَا
"Dan seseorang yang diberi hikmah (ilmu yang bermanfaat) oleh Allah SWT, ia amalkan dan ia ajarkan kepada oranglain."
Cita-cita kesuksesan ilmu dalam Hadis di atas jatuh pada urutan kedua sesuai dengan cita-cita dan keinginan manusia pada umumnya. Mayoritas memreka lebih berpihak pada sukses dalam materi atau jabatan daripada ilmu., padahalah kesuksesan ilmu ini sebagian kunci kesuksesan yang lain termasuk materi juga. Cita-cita menjadi ilmuan dan ulama sebagai kunci suatu kesuksesan atau keberhasian baik duniawi amaupuk ukhrawi.
Iri yang diperbolehkan kedua adalah bercita-cita ingin seperti orang yang diberi ilmu yang banyak dan bermanfaat, diamalkan dan diajarkan kepada orang lain. Makna al-hikamh dalam Hadis di atas diartikan juga Al-Qur'an sebagiamana riwayat Ibnu Umar:
رَجُلٌ اَتَاهُ الله القُرْاَنَ, فَهُوَيَقُومُ بِهِ اَنَاء اللَّيْلِ وَ انَاءَالنَّهَار
"Seseorang diberi Al-Qur'an oleh Allah SWT, ia beribadah dengannya sepanjang malam dan siang".
Orang itu disibukkan membaca Al-Qur'an siang malam baik dibaca di dalam maupun di luar shalat. Cita-citanya ingin menjadi penghafal Al-Qur'an atau ahli membaca Al-qur'an yang dibaca terus-menerus. Dua perowi di atas dapat dikompromikan cita-cita yang diingankan adlah ahli membaca Al-Qur'an sekaligus ahli ilmu yang paham kandungan Al-Qur'an mengamalkan ilmunya dan mengamalkan kepada orang orang lain. Ini adalah cita-cita yyang paling tinggi dan yang paling baik diantara sekalian cita-cita karena dapan menggabungkan dua cita-cita unggulan yakni Ilmu dan Al-Qur'an. Keduanya saling sinergi Al-Qur'an ahli ilmu dan ilmu memperkuat kebenaran Al-Qur'an. Disamping itu keduanya menjadi kunci keberhasilan kesuksesan lain baik kesuksesan duniawi dan ukhrawi.
5. Pelajaran yang Dipetik dari Hadis
a. Iri hati di sini dimaksudkan Ghitbah, yang memiliki cita-cita kebaikan seperti yang dimiliki orang lain adalah suatu anjuran dalam agama dan bagian dari berlomba dalam kebaikan (fastabiqul Khoirat). 
b. Anjuran memiliki cita-cita tinggi bagi para pelajar agar dapat memotivasi meraihnya dengan belajar yang sungguh-sungguh.
c. Dengki yang tercela mengharapkan hancurnya nikmat orang lain adalah sebuah penyakit sosial yang berbahaya dan mengancam tegaknya persatuan uamt.
d. Anjuran bersifat murah tidak bakhil terhadap harta yang telah diberikan Allah.
e. Anjuran mempelajari ilmu yang bermanfaat diamalkan dan dianjarkan.
f. Biografi Singkat Perawi Hadis Sahabat
Dia adalah Abu Abdurrahman Al Hudzali Al Makki Al Muhajirin Al Badri, pemimpin bani Zuhrah.Dia sosok imam yang memiliki segudang ilmu dan berpemahaman mendalam.Dia termasuk salah sahabat yang pertama kali masuk Islam, penghulu para ulama, pejuang perang Badar, sahabat yang melakukan hijrah dua kali, memperoleh harta rampasan pada waktu perang Yarmuk, memiliki banyak keistimewaan, dan banyak meriwayatkan ilmu.Ibnu Mas’ud wafat di Madinah dan dikubur di Baqi’ pada tahun 32 Hijriyah dalam usia 63 tahun.
B. TUJUAN PENDIDIKAN
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُول الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ المُؤمِنُوالْقَويُّ خَيْرٌ وَأَحَبٌ اِلَى اللهِ مِنَ المُؤ مِنِ الضَيْفِ وَفِي كٌلِّ خَيْرٌ 
احْرِصْ عَلَي مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجَزْ وَإِنْ أَصَابَكَ شَيْءٌ فَلاَ تَقُلْ لَوْ انِّي فَعَلْت كَان كَاذا  وَكَاذَا وَلَكِنْ قُلْ قَدَرُ
اللهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ فَاِنَّ لَوْ تَفْتَحُ عَمَلَ شَيْطَا نِ (رواه مسلم) 
1. Kosakat (Mufrodat)

الْقَويُّ : Kuat baik jasmani maupun rohani lawan dari al-dho'if
وَفِي كُلِّ : pada masing-masing dari keduanya yakni mukmin kuat dan mukmin                            lemah 
احْرِصْ : usakan sungguh-sungguh
تَفْجَزْ : lemah
وَاِنْ اَصَابَكَ شَيْءٌ  : dan jika engkau ditimpa musibah
قُلْ قَدَرُالله : katakanlah itu sudah ketentuan Allah
تُفْتَحُ عَمَلَ الشَيْطَانِ : membuka perbuatan setan
2. Terjemahan 
Dari Abu Hurairah r.a berkata :Rasullulah SWA bersabda: "Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada seorang sungguh-sungguh mengerjakan sesuatu yang berguna bagi enkau, mintalah bantauan pada Allah dan janganlah engaku lemah. Jika engaku terkena musibah janganlah engakau mengatakan: andaikan sayaberbuat niscaya begini. Akan tetapi katakkanlah : Telah ditakdirkan Allah dan sesuatu yang dikehehndaki Allah pasti terjadi. Sesungguhnya kata "andai kata" mmembuka perbuatan setan." (HR. Muslim).
3. Penjelasan 
Pesan penting dari hadis di atas adalah membentuk manusia yang kuat atau berkualitas baik dari segi jasmani maupun rohani.mukmin berkualitas ini lebih baik dan lebih dicintai Allah SWT daripada mukmin yang lemah. 
المُؤمِنُوالْقَويُّ خَيْرٌ وَأَحَبٌ اِلَى الله....ِ
"mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah..."
Al-Qhurthubiy menjelaskan makna mukmin kuat dalam kitab Dalil All-Falihin adalah mukmin yang kuat badan dan jiwanya serta kuat cita-citanya untuk melaksanakan tugas-tugas ibadah seperti haji, berpuasa, dan amar ma'ruf anhi mungkar. Al-Sundiy pensyarah Sunan Ibnu Majah menjelaskan makna mukmin yangkuat adalah kuat dalam berbuat kebaikan , kuat bertahan dalam melakasanakan taat, kuat sabar ketika tertimpa musibah dan bangkit menagtur maslahat dengan memperhatikan berbagi sebab dan berpikir tentang akibat. Imam Al-Nawawi dalam Syarah Muslim menyatakan makna kuat disini adalah memiliki jiwa yang kuat bercita-cita dalam rusan akhirat, segera berjiahad atau berjuang melawan musuh, kuat bercita-cita dalam amar ma'ruf nahi mungkar, sabar atas segala penderitaan, mencintai shalat puasa dan ibadah lain, serta memeliharanya sebaik mungkin. 
Hadis di atas mendidik manusia agar menjadi orang yang kuat baik kuat fisik, mental, jasmani dan rohani. Sebagaiman firman Allah SWT dalam Q.S Al-Anfaal (8):60.
وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ وَآخَرِينَ مِنْ دُونِهِمْ لَا تَعْلَمُونَهُمُ اللَّهُ يَعْلَمُهُمْ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنْتُمْ لَا تُظْلَمُونَ
"Dan siapkanlah untuk menghadpi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan kuda-kuda yang di tambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah, msuhmu dan orang-orang."
Bahkan secara khusu Al-Qur'an mengingatkan mendidik anak keturunan masa depan yang kuat dan berkualitas sebagaiman firman Allah dalam Q.S.an-Nisa (4): 9:
وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا
"Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainyameninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraa ) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar."
Tujuan kepribadian islam membentuk kepribadian anak didik yang kuat jasmani, rohani, dan nafsaninya (jiwa) yakni kepribadian Muslim yang dewasa. Sesuai dengan penegertian pendidikan agaa Islam itu sendiri yaitu, bimbingan atau pertolongan yang dilakukan secara sadar oleh si pendidik yang terhadp perkembangan jasmani dan rohani si terdidik ke arah kedewasaan menuji terbentuknya kepribadian Muslim.

 وَفِي كٌلِّ خَيْرٌ
"dan masing-masing adalah baik."
Maksudnya masing-masing dari mukmin qawiy dan mukmin dha'if adalah baik, karena keduanya masih mempunayai iman walau kadar imannya berbeda dan kadar dha'ifnya berkurang. Kemudian nabi menjelaskan kiat-kiat menjadi mukmin kuat sebagai berikut: 
احْرِصْ عَلَي مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجَزْ 
"Usahakan sungguh sungguh mengerjakan sesuatu yang berguna bagi engkau, mintalah bantuan kepada Allah dan janganlah engkau lemah."
Maknanya mukmin kuat hendaknya menggabungkan antara usaha dan tawakal. Usaha lahirdan batin berusaha melakukan sesuatu yang bermanfaat disertao dengan berdo'a mohon pertolongan kepada Allah agar dapat melaksankannya dengan baik kemudian diserahkan kepada Allah. Al- Nawawi memberikan syarah pada Hadis ini, usahakan sungguh-sungguh dalam melaksanakan dan mencintai taat kepada Allah dan mohonlah pertolongan kepada Allah untuk dapat melaksanakannya. Janganlah engkau lemah dalam melaksanakan taat dan malas meminta pertolongan untuk dapat melaksankannya. Usahakan sunggu-sungguh untuk mendapatkan sesuatu yang bermanfaat baik dalam urusan agama, keluarga dan akhlak yang baik. Minta tolonglah kepad-Nya kemudian serahkan kepada-Nya jangan hanya kepada ushamu. Barang siapa ditolong oleh Allah pasti ia tertolong. 
Jangan engaku lemah untuk melakukan semua itu. Dari penjelasan di atas dapat disimpulakan bahwa orang mukmin kuat adalah yang menggabungkan antara usaha dan berdo'a, antara percaya diri dan percaya kepada Allah, antara usaha lahir dan batin. Berbeda dengan mukmin yang lemah bermalas-malasan tidak ada usaha dan tidak mau bekerja dan tidak minta pertolongan kepada Allah atau hanya menunggu takdir Allah tanpa ada usaha sungguh-sungguh. Lanjut sabda nabi SAW kiat orang mukmin kuat sebagai berikut:
وَإِنْ أَصَابَكَ شَيْءٌ فَلاَ تَقُلْ لَوْ انِّي فَعَلْت كَان كَاذا  وَكَاذَا
"Jika engkaau terkena sesuatu musibah, jangan engkau mengatakan Andaikan saya berbuat begini niscaya begini."
Ini merupakan sabda Nabi untuk menjadi mukmin yang kuat. Jika kamu tertimpa musibah atau suatu bencana yang kamu katakan, andai kata saya belajar saya lulus, andai kata saya rajin saya sukses, andai kata saya tidak keluar saya selamat, andai kata... Anadai kata..itu semua ungkapan orang lemah bauka orang kuat. Maksud andai kata disini adalah menyesalli perbuatan yang telah lewat untuk mwnhindar atau menolak takdir. Orang kuat kan mengatakan:
وَلَكِنْ قُلْ قَدَرُاللهِ وَمَا شَاءَ فَعَل
"Akan tetapi katakanlah: telah ditakdirkan Allah dan sesuatu yang dikehendaki Allah pasti terjadi."
Semuayang terjadi sudah takdir atau ketentuan Allah. Dalam kitab Riyadh al-Slaihin dibaca: قُلْ قَدَرُاللهِ  maknanya sama katakanlah sudah ditakdirkan Allah. Semua musibah yang menimpa kepadanya telah ditentukan Allah da diserahkan kepada-Nya, tidak ada penyesalan kemudian karena sudah ada usaha yang maksimal. Orang mukmin yang kuat bersunguh-sungguh untuk mencapai suatu tujuan sesuai dengan sunnah Allah, kemudian diserahkan kepada Allah. Orang mukmin kuat merasa tenang menghadapi musibah, bersyukur ketika selamat dari musibah dan tenang jika tertimpa musibah karena banyak berserah diri kepada ketentuan Allah.
Kata "andaikan"  tidak menolong untuk mengurangi penderitaan, malah akan menimbulkan penyesalan belaka berbeda dengan penyerahan takdir, kalimat itu akan memutuskan godaan setan sebagaimana sabda Nabi berikutnya:
  فَاِنَّ لَوْ تَفْتَحُ عَمَلَ شَيْطَا نِ 
"sesungguhnya kata "andai kata" membuka perbuatan setan."
Kata "andai kata " maknanya menyesali perbuatan ang telah lewat membuka perbuatan setan yaitu menolak takdir Allah kemudian tergoda dan membuat orang itu menjadi lemah dan steess, tidak membuatmaju dan kuat. Al-Qadhi Iyat mengatakan sebagian ulama mengatakan: larangan berkata andaikan atau andai kata di sini bagi orang yang berkeyakinan secara mantap bahwa ia melakukan suatu perrbuatan begini pasti selamat. Adapun orang yang mengembalikan semua ini kehendak dari Allah, bahwa musibah tidak akan menimpa kepada melainkan kehendak Allah tidak termasuk larangan dengan alasan kata Abu Bakar As-Shidiq ketika dalam gua bersama Nabi:
(لَوْ اَنَّ أحَدَهٌمْ رَفَعَ رَأسَهُ لَرَ انَآ )

"Andai kata salah diantara mereka mengangkat kepalanya niscaya melihat kita,"
Al-Qadhi menjawab, sebagian hujah di atas lemah karena pemberitaan Abu Bakar As-Sidiq di atas untuk ke depan bukan karena menolak takdir setelahnya. Demikian juga hadis-hadis Nabi yang menggunakan kata andai kata (lau). Semuanya menujuk dan menata masa depan yangg lebih baik bukan menolak takdir.
Orang mukmin yang kuat mengetahui kegagalan itu takdir Allah dan ia tidak putus rahmatya. Disitulah timbul jiwa optimis untuk melanjutkan perjuangan utnuk meraih tujuan dan cita-citanya dengan semangat baru yang bersandar pada rahmat-Nya. Hadis di atas mendidik kepada kita agar supaya tidak lemah semangat dalam perjuangan hidup dan selalu melakukan perbaikan-perbaikan, sesuai dengan sunatulloh yang berlaku pada makhluknya sehingga mencapai tujuan pendidikan yaitu kepribadian muslin yang lahir dari batin, jasmani dan rohani.
4. Pelajaran yang Dipetik dari Hadis 
a. Tujuan pendidikan adalah membentuk manusia mukmin yang berkualitas jasmani dan rohani.
b. Mukmin berkualitas adalah mukmin yang mampu ber-mujahadah (mengendalikan) hawa nafsu dan taat berbuat manfaaat baik untuk dirinya dan orang lain.
c. Muknin berkualitas iamnnya menggabungkan usaha lahir dan batin, berusaha keras dan memohon pertolongan kepada Allah.
d. Mukmin berkualitas ketika tertimpa musibah berusaha antara mengobati dan berserah diri kepada takdir Tuhan tanpa penyesalan.
5. Biografi Singkat Perawi Hadis Sahabat
Menurut pendapat mayoritas, nama beliau adalah 'Abdurrahman bin Shakhr ad Dausi. Pada masa jahiliyyah, beliau bernama Abdu Syams, dan ada pula yang berpendapat lain. Kunyah-nya Abu Hurairah (inilah yang masyhur) atau Abu Hir, karena memiliki seekor kucing kecil yang selalu diajaknya bermain-main pada siang hari atau saat menggembalakan kambing-kambing milik keluarga dan kerabatnya, dan beliau simpan di atas pohon pada malam harinya. Tersebut dalam Shahihul Bukhari, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah memanggilnya, “Wahai, Abu Hir”.
Ahli hadits telah sepakat, beliau adalah sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits. Abu Muhammad Ibnu Hazm mengatakan bahwa, dalam Musnad Baqiy bin Makhlad terdapat lebih dari 5300 hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu.
Selain meriwayatkan dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau Radhiyallahu 'anhu juga meriwayatkan dari Abu Bakar, Umar, al Fadhl bin al Abbas, Ubay bin Ka’ab, Usamah bin Zaid, ‘Aisyah, Bushrah al Ghifari, dan Ka’ab al Ahbar Radhiyallahu 'anhum. Ada sekitar 800 ahli ilmu dari kalangan sahabat maupun tabi’in yang meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, dan beliau Radhiyallahu 'anhu adalah orang yang paling hafal dalam meriwayatkan beribu-ribu hadits. Namun, bukan berarti beliau yang paling utama di antara para sahabat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. 
Imam asy Syafi’i berkata,"Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu adalah orang yang paling hafal dalam meriwayatkan hadits pada zamannya (masa sahabat).” 
Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu masuk Islam antara setelah perjanjian Hudaibiyyah dan sebelum perang Khaibar. Beliau Radhiyallahu 'anhu datang ke Madinah sebagai muhajir dan tinggal di Shuffah.
Amr bin Ali al Fallas mengatakan, Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu datang ke Madinah pada tahun terjadinya perang Khaibar pada bulan Muharram tahun ke-7 H.
Humaid al Himyari berkata,"Aku menemani seorang sahabat yang pernah menemani Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam selama empat tahun sebagaimana halnya Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu.” Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam mendo’akan ibu Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, agar Allah memberinya hidayah untuk masuk Islam, dan do’a tersebut dikabulkan. Beliau Radhiyallahu 'anhu wafat pada tahun 57 H menurut pendapat yang terkuat.

C. KESUKSESAN ILMU
عَنْ اَبِي هُرَيْرَةَ يَقُوْلٌ سَمِعْتُ رَسُوْلُ الله صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ يَقُوْلُ اَلآ اِنَّ الدُ نْيَا مَلْعُوْ نَةٌ مَلْعُو نُ مَا فِيْهَا اِلاَّذِكْرُ اللهِ وَمَا 
وَالاَهُ وَعَا لِمُ اَوْمُتَعَلِّمٌ ( رواه الترمدي وقال: حديث حسن) 
1. Kosakata
مَلْعُوْ نَةٌ : terkutuk, terlaknat, jauh dari rahmat Allh
وَمَا وَالاَهُ  : dan sesuatu yang dicintai-Nya (taat kepada-Nya), sesuatu yang mendekati atau menyerupai zikir seperti ingat kebaikan dan mematuhi perintah serta larangan.
2. Terjemahan 
 Dari Abu Hurairah r.a. Berkata aku mendengar Rasullulah SAW bersabda: "Ingatlah bahwa dunia ini terkutuk dan semua yang ada di dalamnya juga terkutuk, kecuali dizikrullah dan sesuatu yang dicintai-Nya, orang alim (orang yang berilmu, dan orang yang belajar ilmu." (HR. al-Tirmidzi dan ia berkata Hadis ini Hasan)
3. Penjelasan (Syarah Hadis)
Hadis ini bimbingan Rasullulah SAW terhadap umatnya, bagaimana bersahabat dengan dunia atau harta benda yang ada di sekitarnya. Dunia dan harta benda tidak seluruhnya membahagiakan manusia dan tidak seluruhnya menyelamatkan manusia dari penderitaan. Oleh karena itu, dunia dan harta benda yang telah dimiliki akan diminatai pertanggung jawaban  disisi Allah nanti, dari mana dan untuk apa harta itu dimiliki. Jika diperolehnya dengan benar dan dibelanjakannya dengan benar bahkan di jalan Allah maka ia akan mendapatkan limpahan pahala yang benar, tetapi jikan sebaiknya, cara memperoleh dan membalanjakannya tidak benar atau di jalan setan bukan di jalan Allah akan mendapatkan ancaman yang besar pula.
Pada hadis di atas menjelaskan bagaiman kaitannya dengan pelajar yang menuntut ilmu atau para guru yang mengajarkannya. Bolehkah menunutut ilmu atau mengajarkannya dengan motivasi ingin mendapatkan atau ingin mencapai harta benda dunia.
Rasullah SAW
 اَلآ اِنَّ الدُ نْيَا مَلْعُوْ نَةٌ مَلْعُو نُ مَا فِيْهَا 
"Ingatlah, bahwa dunia ini terkutuk, dan semua yang ada didalamnya juga terkutuk."
Kata ingatlah ( اَلآ) huruf pembuka (istiftah) faedahnya untuk memperkuat isi kalimat setelahnya, agar audiensi lebih memerhatikan apa yang kan disampaikan. Maksud dunia ini terkutuk adalah dibenci oleh Allah atau diajuhkan oleh rahmat Allah. Demikian juga isinya seperti kemewahan harta benda, jabatan dan wanita atau semuanya terkutuk. Dalam kitab Tuhfat al-Ahwadzy, al-Manawiy menjelaskan makna terkutuk ( mal'uanh) adalah ditinggalkan dan dijauhi atau ditinggalkan para nabi dan orang-orang pilihan sebagaimana disebutkan dalam khabar. "bagi mereka dunia dan bagi kami akhirat." dunia ini terlaknat karena ia menipu hawa nafsu seseorang dengan kehidupan dan kelezatannya kemudian memalingkkannya dari ibadah.
Harta benda pada umumnya menjauhkan Allah, melupakan Allah dan tidak mendamaikan persaudaraan. Harta  yang seperti ini tidak memenangkan hati dan tidak membahagiakan dunia akhirat. Bahkan akan merusak dan membinasakan pemiliknya. Kecuali yang disabdakan Rasullulah dalam sabda berikutnya, yaitu: 
 اِلاَّذِكْرُ اللهِ وَمَا الاَهُ وَعَا لِمُ اَوْمُتَعَلِّمٌ
"Kecuali zikrullah dan sesuatu yang dicintai-Nya, orang alim (orang yang berilmu)dan orang yang belajar ilmu."
Sebagian riwayat seperti riwayat Ibnu Majah dabaca nashab/fatah dan menggunakan waw pada lafal 'aliman wa mata'alimun dihubungkan ( di-'athafkan) pada lafal dzikrulah yang menjadi mutasna bi illa. Maknanya dunia terkutuk dan dunia yang tercela selain tiga hal sebagai berikut:
a. Dunia yang disertai zikir kepada Allah, artinya dunia yang mengingat kepada Allah. Misalnya memiliki harta kekayaan dikeluarkan zakat dan sedekahnya. Harta yang dikeluarkan zakat dan sedekahnya tidak dikutuk Tuhan tetapi justru dicintai-Nya.
b. Sesuatu yang mendekati zikir atau yang dicintai Allah, yakni amal shaleh dan sesamanya seperti menjalankan segala perintah dan menjauhkan segala larangan-Nya. Al-Madzar mengatakan maksud sesuatu yang dicintai Allah adalah dunia yang menjadi cinta kepada Allah dan membuat saling mencintai antara dua orang, itulah makna dunia yang tidakterkutuk. 
c. Orang alim atau orang yang mencari ilmu, maksudnya ilmu yang bermanfaat yakni ilmu yang diamalkan dan diajarkan, diamalkan untuk dirinya dan diajarkan kepada orang lain. Hanya ilmu yang bermanfaat yang bisa menyelamatkan dari dunia terkutuk. 
Hadis diatas sama sekali tidak mencela dunia dan tidak melarang manusia untuk mencari dunia, tidak melarang pengajarnya atau pencari ilmu mencari dunia, akan tetapi justru membimbingmanusia untuk mencari dunia dengan cara yang baik dan membelanjakannya ke jalan yang bai pula. Cara yang baik dan jalan yang baik pula yang diridhai Allh atau yang diperbolehkan oleh hukum syara'. Dalam bahasa hadis harta  dunia yang disertai ingat kepada Allah dan yang mendekatkannya. Hadis di atas juga membimbing manusia mencari harta dunia dengan cara mempelajari ilmu pengetahuan atau mengajarkannya.
4. Pelajaran yang Bisa Dipetik dari Hadis 
a. Anjuran menuntut ilmu dan mengajarkannya
b. Menuntut ilmu dan mengajarkannya untuk bekerja secara profesional da halal tidak termasuk dunia yang tercela.
c. Kesuksesan dunia tidak menghalangi keikhlasan tidak menuntut ilmu dan mengajarkannya asal berniat mencari ridha Allah dan untuk kemaslahatan umat.
d. Menuntut ilmu dan mengajarkannya untuk mencari pekerjaan dunia menjadi terkutuk jika tidak diertai zikir atau melaksakan perintah Allah.
e. Anjuran mencari kesuksesan dunia dan kesuksesan akhirat secara seimbang yang menjadi slah satu ciri ajaran agama Islam.
D. MENJADI ULAMA
عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ سَمِعْتُ رَسُوْل الله صَلَى الله عَلَيْهِ وَسَلَمَ يَقُوْلُ مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَبْتَغِي فِيْهِ عِلْمًا سَلَكَ الله 
بِهِ طِرِيْقًا اِلَى الجَنَّةِ وَاِنَّ المَلَا ئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِتَهَا رِضَاءً لِطَالِبِ العِلْمِ وَاِنَّ الْعَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُلَهٌ مَنْ فِى 
السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الأَرْضِ حَتَّى الْحِيتَانُ فِي الْمَاءِوَفَضْلُ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقُمَرَعَلَى سَائِرِ 
الْكَوَاكِبِ إِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَسَةُالأَنْبِيَاءِاِّنَّ الأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوادِ يْنَارًا ولآدِرْ هَمًاوَرَّثُواالْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَ بِهِ أَخَذَ 
بِحَظِّ وَافِرٍ (أخرجه الترمذي)
1. Kosakata mufrodat
 سَلَكَ   Menempuh, masuk, berjalan. Kata salaka dengan makna sahhalla Allah mudahkan
طِرِيْقًا  : Suatu jalan baik dekat maupun jauh
يَبْتَغِي فِيْهِ  mencari padanya
لَتَضَعُ أَجْنِتَهاَ Sunnguh meletakkan sayapnya karena hormat atau tawadhu
 الْحِيتَانُ : Jamak dari kata al-hut diartikan ikan
عَلَى الْعَابِدِ Atas orang ibadah atau ahli ibadah
سَائِرِالْكَوَاكِبِ  Sekalian bintang
لَمْ يُوَرِّثُو Mereka tidak mewariskan
وَرَسَةُالأَنْبِيَاءِ Pewaris, pengganti, penerus para Nabi
 أَخَذَ بِهِ  Mengambilnya
بِحَظِّ وَافِرٍ Bagian yang sempurna
2. Terjemahan 
 Dari Abu Darda' r.a.: Aku mendengar Rasullulah SAW bersabda: "Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah mudakan jalannya ke surga. Sesungguhnya malaikat meletakan sayapnya karena rida terhadap penuntut ilmu dan sesungguhnya orang berilmu dimohonkan pengampunan baginya oleh makhluk di langit dan makhluk di bumi sehingga ikan-ikan di laut. Keutamaan orang berilmu terhadap orang ibadah bagaikan keutamaan bulan terhadap sekalian bintang. Sesungguhnya ulama pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinardan dirham sesungguhnya mereka mewariskan ilmu. Barang siapa yang mengambilnya berarti mengabil bagian yang sempurna ( HR. Tirmidzi )
3. Penjelasan (Syarah Hadis) 
 Rasullulah SAW diutus oleh Allah SWT untuk memberikan petunjuk kepada manusia ke jalan yang baik dan benar. Jalan kebhagiaan mereka dunia dan akhirat. Untuk mencapai hal tersebut ilmu sebagai kuncinya harus dikuasai. Beliau sesaalu memberikan motivasi menuntut ilmu, menjadi orang berilmu, atau yang mengajarkan ilmu atau yang menjadi ulama atau peawaris Nabi. Hadis memberikan motivasi bagi mereka yang menuntut , memiliki dan menyebarkannya. Ada beberapa motivasi bagi penuntut ilmu atau alaim yang disebutkan dalam hadis sebagai berikut:
a. Dimudahkan Jalan Ke Surga, Sebagimana Sabda Beliau
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَبْتَغِي فِيْهِ عِلْمًا
"Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu"
Maksudnya brang siapa yang menempuh suatu jalan, berjalan atau masuk suatu tujuan mencari suatu ilu, baik ilmu sedikit atau banyak, ilmu agama aupun ilmu umum. At-Thibiy menjelaskan kata tharikan dan 'ilman mutlak mencakup segala jenisnya, ia berbentuk isim nakirah kata benda yang bersifat umum). Thariqan diartikan suatu jalan, menempuh suatu jalan dekat atau jauh, keluar dari rumah atau dari kampung halamannya, keluar dari kota atau negerinya. Begitu juga dengan ilmu umum dan ilmu agama. Ilmu umum sebagai wasilah atau pendukung ilmu agama pada umumnya bersifat fardhu kifayah. Yang membedakan hanya secara fungsionalnya dan hukumnya. 
b. Dihormati Para Malaikat, Senagaimana Tercermin dalam Hadis
 وَاِنَّ المَلَا ئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِتَهَا رِضَاءً لِطَالِبِ العِلْمِ
"Sesunguhnya malaikat meletakkan sayapnya karena rida terhadap penuntut ilmu."
Maksud meletakkan sayapnya sudah dijelaskan pada Hadis yang sama pada bab sebelumnya. Secara garis besar ada dua makna yakni majas (metafora). Dan makna hakikat. Makna majas, malaikat hormat dan merendah terhadap para penuntut ilmu sedangkan makna hakikat, para malaikat menghemparkan sayapnya untuk didinjak atau diduduki para penuntut ilmu, karena rida terhadapnya.
c. Dimohonka Pengampunan Makhluk di Langit dan di Bumi
 وَاِنَّ الْعَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُلَهٌ مَنْ فِى السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الأَرْضِ حَتَّى الْحِيتَانُ فِي الْمَاءِ
"dan sesungguhnya orang berilmu dimohonkan pengampunan baginya oleh makhluk dilangit dan makhluk di bumi sehingga ikan-ikan di laut."
Maksudnya odalah semua makhluk di langit , di bumi, di daratan, dan di laut senuanya memohonkan pengampunan bagi orang alim. Al-Thibiy mengatakan, bahwa orang alim disini dimaksudakn adalah orang mukmin yang istiqomah, artinya yang konsisten pada ilmunya yakni mengamalkan ilmunya itu. Penyebutan ikan di laut menolak dugaan bahwa makhluk di bumi jangan diduga hanya daratan saja, akan tetapi meliputi makhluk yang di laut juga. 
d. Sebagai Penerang
وَفَضْلُ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقُمَرَعَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ
."Keutamaan orang berilmu terhadap orang ibadah bagaikan keutamaan bulan terhadap sekalian bintang."
Kedudukan orang ailm lebih utama dengan dengan ahli ibadah. Maksud orang alim disini adalah orang yang disibukkan dengan ilmunya dan menyebarkannya setelah mengamalkan baik yang fardhu maupun yang sunah-suanh. Adapun abid (ahli ibadah) disibukakan dengan ibadah, seluruh waktunya diisi dengan ibadah-ibadah sunah sekalipun dia mengetahui hal-hal yang menyebabkan keabsahannya. Perbandingan antara keduanya bagaian perbandingan antara bulan purnama dan cahaya bintang-bintang, kesempurnaan ibadahnya tidak menjalar terhadap orang alim, sedangkan orang alaim cahanya menjalar kepada orang lain.
e. Pewaris Para Nabi
 إِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَسَةُالأَنْبِيَاءِاِّنَّ الأَنْبِيَاءَ 
"Sesungguhnya ulama peawaris para nabi."
Maksunya adalah orang yang mengerti berbagai problema masyarakatnya dan pengertian mereka tidak terbatas, pada hukum-hukum mereka pada hukum-hukum agama, tetapi juga mencakup seluruh problem kehidupan. Bahkan mereka mampu  memimpin bangsa untuk mengangkat senjatadi hadapan penjaja. Mereka dapat menjalin hubungan dengan lapisan masyarakat atas dasar "pikiran" dan "rasa" yang mendalam. 
f. Ilmu Bagian yang Sempurna 
فَمَنْ أَخَذَ بِهِ أَخَذَ بِحَظِّ وَافِرٍ
"Barang siapa yang mengambilnya berarti mengabil bagian yang sempurna".
Barang siapa yang mengambil warisaan ilmu berarti ia mengambil warisan yang sempurna, tidak seperti warisan harta benda yang lenyap kemudian. Ilmu sebagi kunci kesuksesan dunia dan akhirat, seseorang yang ingin memperoleh kebahagian dunia harus disertai ilmu, seorang yang ingin mendapatkan kebahagian akhirat harus juga disertai ilmu dan seseorang yang ingin mendapatkan segala kebahagiaan dunia akhirat harus dosertai ilmu. Seseorang yang mendapatkan warisan ilmu akan memperoleh segala kebahagiaan tersebut, tetapi seseorang yang yang hanya mendapatkan warisan harta benda saja tanpa disertai warisan ilmu, harta itu tidak akan membahagiakan.
4. Pelajaan yang Dapat di Petik dari Hadis
a. Anjuran hormat kepada penuntut ilmu, tawadu' / rendah hati, rida, membantu, mendo'akan, dan memohonkan pengampunan kepada-Nya. 
b. Diantara keutamaan ilmu dapat menerangi pemiliknya ke jalan yang baik dan benar.
c. Kemanfaatn ilmu disertai dengan amal perbuatan nyata dengan mencontoh akhlak Rasullulah SAW.
d. Anjuran sukses dalam menuntut ilmu sehingga menjadi ulama pewaris para nabi.
e. Kesuksesan ilmu dan menjadi ulama adalah kesuksesan sempurna. 
5. Biografi Singkat Perawi Hadis Sahabat
Abu Darda' Uwaymir bin al-Anshary al-Khasrajy, masuk islam agak belakangan dan dinegerinya dia adlah orang yang terakhir masuk Islam tetapi Isalmnya semakin bagus. Dia sahabat yang ahli fiqhdan menjadi hakim. Nabi bersabda "عُوَيْمِرْ حَكِيْم اُمَّتِيْ " umaymir adalah hakim semua umat.
Dia selalu menyertai Rasullulah dalam berbagai peperangan setelah perang uhud, diangkat menjadi Hakim di Damaskus pada masa khalifah Ustan bin Affan. Kemudian meninggal pada tahun 32 H dan meriwayatkan sebanyak 179 Hadis.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Hasut dengan arti ghitbah, yakni keinginan atau cita-cita sukses seperti orang lain yang telah sukses diperbolehkan pada dua hal yaitu: kesuksesan materi yang didermakan ke jalan kebaikan dan kesuksesan ilmu yang diamalkan dan diajarkan. Seorang mukmin kuat lebih baik dari mukmin lemah. Maksud mukmin kuat adalah mukmin kuat lahir batin, kuat jasmani dan rohani. Mukmin lemah pun lebih baik dari pada tidak beriman, tanda mukmin kuat ada usaha lahir batin yang seimbang dan sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan atau cita-cita yang diinginkan. Usaha lahir adalah usaha secara fisik secara rasional sedangkan uasha batin adalah berdo'a serta mengahrap kemudahan dari Allah SWT. Mukmin kuat memiliki azam yang cita-cita (azam) yang kuat,kegagalan pertama akan menjadi pengalaman yang positif untuk mencapai kesuksesan nerikutnya. Andai kata masih belum berhasil tidak menyesali uashanya, akan tetapi percaya akan qada dan qadarnya Allah SWT. Tujuan pelajar akan menjadi orang mukmin yang kuat bukan mukmin yang lemah. 
Materi harta benda dunia dan isinya terlaknat oleh Allah artinya dijauhkan dari rahmat Allah kecuali disertai zikir kepada Allah atau yang mendekatinya seperti amal Shaleh yang membuat cinta kepada Allah dan cinta kepada sesamanya dan orang alim sera orang yang belajar. Harta yang terlaknat adalah harta yang melupkan Allah, tidak membuat cinta kepada Allah dan sesamanya. Kesuksesan ilmu sangat ketika dapat membuat keseimbangan antara kepentingan dunia dan akhirat.
Orang yang menempuh suatu jalan mencari ilmu dimudahkan ke jalan surag yakni amal salleh. Banyak keutamaan ilmu diantaranya malaikat meletakkan sayapnya tidak terbang karena hormat kepadanya, dimohonkan pengampunan oelh seluruh makhluk di langit dan dibumi, sehingga ikan dilaut lebih unggul dibandingkan ahli ibadah bagaikan perbandingan bulan terhadap bintang-bintang di langit, menjadi pewaris nabi, warisan yang sempurna. Cita-citayang paling tinggi menjadi alimatau ulama.
DAFTAR PUSTAKA
 http.cara-global.blogspot.co.id/2011/02/abdullah-binmasud.html, diakses tanggal 06/05,2017 pukul 19.30 wib
http.cara-global.blogspot.co.id/2011/02/abdullah-bin-masud.html, diakses tanggal 06/05,2017 pukul 19.30 wib
Marimba, Ahmad D. 1974. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al-Ma'arif
Khan, Abdul Majid. 2012. Hadis Tarbawi: Hadis-HAdis Pendidikan. Jakarta: Kencana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadis Tarbawi (Pengaruh Pendidikan)

Tafsir Tarbawi (Q.S At-Taubah ayat 122)