Hadis Tarbawi (Pengaruh Pendidikan)

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 
Setiap anak memiliki potensi yang dibawa oleh fitahnya. Namun potensi anak didik tidak akan berkembang dengan sendirinya tanpa ada usaha atau pengaruh dari lingkungan pendidikan sekitar. Bahkan pendapat ahli didik yang ektrem yang disebut dengan aliran empirisme mengatakan, bahwa anak didik bagaikan kertas putih bersih yang masih polos bergantung pada pengaruh penulisnya.Begitu kekuatan pengaruh terhadap potensi anak didik yang sangat menentukan bentuk dan warna anak didik.
Islam sebagaimana yang disebutkan beberapa Hadis mengakui adanya pengaruh pendidikan dari luar diri anak disamping anak telah membawa potensi yang disebut dengan fitrah Islamiyah.Fitrah itu dibawa oleh anak didik sejak lahir dan fitrah itu sudah tertulis bukan berarti kosong.Tulisannya adalah al-Islam.Pengaruh pendidikan disekitarnya tinggal mengembangkan keislaman fitrah tersebut. Pada makalah ini akan dipaparkan salah satu hadis tentang faktor pendidikan yang mempengaruhi prestasi belajar.
B. Rumusan Masalah 
1. Apa Hadis tentang pengaruh teman dalam prestasi belajar ?
2. Apa Hadis tentang pengaruh kekasih dalam prestasi belajar ?
3. Apa Hadis tentang pengaruh orangtua dalam prestasi belajar ?
4. Apa hadis tentang pengaruh pendidik dalam prestasi belajar ?
C. Tujuan 
1. Mendeskripsikan Hadis-Hadis tentang pengaruh teman dalam prestasi belajar
2. Mendeskripsikan Hadis-Hadis tentang pengaruh kekasih dalam prestasi belajar
3. Mendeskripsikan Hadis-Hadis tentang pengaruh orangtua dalam prestasi belajar
4. Mendeskripsikan Hadis-Hadis tentang pengaruh pendidik dalam prestasi belajar
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengaruh Teman 
B. وَعَنْ اَبِيْ مُوْسَي الأَشْعَرِ ي رَضِيَ الله عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّي لله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ 
 إِ نَّمَا مَسَلُ الْجَلِييِ الصَّا لِحِ وَجَلِيسِ السُّوءِ كَحَا مِلِ المِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيْرِ, فَحَامِلُ المِسْكِ إِمَّا أَنَّ يُحْذِيَاكَ, وَإِمَّا أَنْ تَبْتَا عَ مِنْهُ, وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيْحًا طَيِّبَةً. وَنَافِخُ الْكِيْرِ إِمَا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ, وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيْحًا مُنْتِنَةً (متفق عليه) 
1.      Terjemahan
“ Dari Abu Musa Al- Asy’ ari r.a. bahwasanya Nabi SAW bersabda : “ sesungguhnya perumpamaan bergaul dengan terman shalih dan teman nakal adalah seperti berteman dengan pembawa minyak kesturi dan peniup api. Pembawa minyak kesturi itu adakalanya member minyak kepadamu atau adakalanya kamu membeli daripadanya dan adakalanyakamu mendapatkan bau harum darinya.Dan peniup api itu adakalanya ia membakar kain bajumu dan adakalanya kamu mendapatkan bau busuk daripadanya.”
( HR. Muttafaq’ Alayh )
2.      Penjelasan (Syarah Hadis)
Hadis ini membimbing kepada ummat manusia bagaimana membentuk kepribadian yang baik yang merupakan cita –cita dan tujuan pendidikan dalam isliam.salah satunya adalah faktor pengaruh dari teman pergaulan atau milieu social di mana seseorang hidup. dalam pendidikan teman  mempunyai pengaruh yang menentukan dalam pembentukan watak, karakter atau kepribadian sesorang  disamping factor lain , karena  melalui teman  inilah manusia sangat mudah dibentuk  dan diwarnai pola hidup, pola piker dan prilaku. Rasullulah SAW memberikan perumpamaan teman teman yang baik dan teman yang nakal atau teman yang buruk wataknya sebagai berikut.
A. إِنّمَا مَثَلُ الْجلِيسِ الصَّا لِحِ وَجَلِيسِ السُّوْ ءِ كَحَا مِلِ الْمِسْكِ وَ نَا فِخِ الْكِيرِ
“ sesungguhnya perumpamaan bergaul dengan teman shalih dan teman nakal adalah seperti berteman dengan pembawa minyak kastiru dan peniup api.
Sebagaian  ulama mengartikan kata “ al –jalis “  disini juga diartikan teman dalam mujalasah  duduk berbincang –berbincang. Hadis mempunyai majlis zikir, majlis ilmu, dan pekerjaan –pekerjaan yang baik.pesan sebaliknya menjauhi duduk bersama teman yang berbincang –bincang  hal yang tidak baik atau tidak ada manfaatnya seperti bergunjing, berdusta, omong porno,  dan pembicaraan yang tidak ada manfaatnya.
Kedua makna al –jalis  diatas dapat dikompromikan dalam kontek  pengaruh teman yang baik dan buruk, baik teman dalam berbincang di suatu majlis atau teman akrab yang dijadikan kekasih. dalam menggambarkan bagaimana pengaruh teman Rasulullah SAW membuat perumpamaan yang mudah dicerna dan dipahami oleh akal manusia biasa. begitulah dia antara kalam Rasulul mudah  dipahami  dan menarik perhatian dari pendengaranya sebagaiman dala Hadis di atas, bahwa perumpaan teman yang shaleh  dan teman yang buruk bagaikan pembawa minyak kesturi  dan peniup api.
Ada bebrapa titik temu  atau persamaan antara bebrapa sifat yang dijadikan perumpamaan Rasul dalam Hadis:
A.    Persamaan teman baik dengan pembawa minyak kasturi :
Persamaan kedua hal tersebut dijelaskan Nabi pada teks Hadis berikutnyqa secara terperinci yakni ada 3 hal :
a)       Memberi minyak wangi.
Ada tiga kemungkinan jika kita berteman dengan pembawa minyak misik atau minyak kasturi.pertama, pembawa minyak itu adakalanya member minyak kepada kita secara gratis sekalipun hanya diolesi saja atau sekali semprotan saja dengan parfum. maknanya dengan berteman sama orang shaleh kita akan mendapat pemberian rahmat atau manfaat dari Allah SWT dan mendapat contoh serta keteladanan yang baik dari orang saleh itu
b)       Membeli minyak wangi
Alternatif kedua, jika kita tertarik dengan minyak teman yang harum itu sementara kita punya, pasti mau membeli ,inyak itu. maknanya, teman sheleh itu mengajarkan kebaikan kepada kita dan kita pun belajar dari padanya.
c)       Ikut mencium keharuman minyak.
Alternatif ketiga, kita mendapat bau harum  dari teman pembawa minyak. maknanya, seseorang yang berteman dengan orang shaleh citranya terangkat menjadi harum  atau terbawa harum sebab persahabatan  yang baik itu. seseorang yang bersahabat dengan orang yang shaleh  dinilai baik atau shaleh oleh masyarakat sekitarnya dan dihormati  sebagaimana orang shaleh.
B.   Persamaan teman nakal dengan peniup api
Ada dua persamaan  sifat antara teman buruk dengan peniup api yaitu :
a)       Membakar pakaian
Teman nakal itu akan membakar kamu sebagai mana tukang las yang memercikan api ke lingkungan  sekitarnya, baju dan celananya berlubang –lubangkarena percikanya. orang yang bersahabat dengan orang nakal akan terbakar  kepribadianya dan rusak akhlaknya.
b)       Mencium bau busuk. 
Akibat kedua, citra seseorang yang berteman dengan teman yang nakal menjadi  busuk dan hancur, seperti halnya ketika seorang penjahat ditangkap polisi, teman –teman dekatnya pun diciduk polisi karena dianggap mempunyai andil yang sama. 
pengaruh teman memang memiliki pengaruh yang amat besar dalam membentuk kepribadian seorang anak didik baik dan buruknya, lingkungan masyarakat  disekitarnya sangat berpotensi dalam memengaruhi pembentukan kepribadian anak.
3.      Pelajaran yang Dipetik dari Hadis 
a. Anjuran berteman dengan orang atau anak yang berkepribadian  saleh baik dalam agama maupun dalam urusan dunia
b. larangan berteman dengan orang yang  berkepribadian buruk.
c. persahabatan mempunyai pengaruh yang besar dalam pendidikan, baik dan buruknya kepribadian sesorang  diantaranya  ditentukan oleh teman –teman yang ada di sekelilingnya
d. anjuran kepada pendidik, pengajar,  guru, orang tua dan yang bertanggung terhadap pendidikan anak agar memilihkan teman- teman yang baik buat anak didiknya.
e. Hukum kesucian minyak misik dan kebolehan jual beli.
       B.      Pengaruh Kekasih
 عَنْ أَ بِيْ هُرَ يْرَ ةَ رَ ضِيَ ا للهُ عَنْهُ أَ نَّ ا لنَّبِيَّ صَلَّى ا للهُ عَلَيْهِ وَ سَلَمَ قَلَ :"ا لرَّ جُلُ عَلَى دِ يْنِ خَلِيْلِهِ فَلْيَنْظُرُ أَحَدَ كُمْ مَنْ يُخَا لِلْ"(رواه أ بو د اود ا لتر مذ ى با سنا د صحيح و قا ل ا لتر مذ ى حد يث حسن )
وَ عَنْ أَ بِيْ مُوْ سَى الأَ شْعَرِ ى رَ ضِيَ ا للهُ عَنْهُ أَ نَّ ا لنَّبِيَّ صَلَى ا للهُ عَلَيْهِ وَ سَلَمَ قَا لَ :" ا لمَرْ ءُ مَعَ مَنَ  أ حَبَ" ( متفق عليه ) و ِفى رو ا ية قا ل: قيل لنبي صلى ا لله عليه و سلم : ا لرَّ جُلُ يُحِبُّ ا لْقَوْ مَ وَ لَمَّا يَلْحَقْ بِهِمْ ؟ قا ل : " ا لْمَرْ ءُ مَعَ  مَنَ أَ حَبَّ ".
1.      Terjemah 
Dari abu hurairah r.a.bahwasanya Nabi SAW bersabda:  “ seseorang itu mengikuti agama kekasihnya, oleh sebab itu hendaklah salah  seorang diantara kamu memperhatikan siapakah kekasihnya.” (HR. Abu daud dan al-tirmiziy dengan sanad yang shehih dan al-tirmiziy berkata bahwa hadis ini hasan).
Dari abu musa al-Asy’ary r.a. bahwasanya Nabi SAW bersabda: “ Orang itu akan bersama-sama orang yang dicintai.” (HR. Bukhari dan Muslim). Dalam satu riwayat dikatakan: “ Ada seseorang bertanya kepada Nabi SAW tentang seseorang yang mencintai suatu kaum (sekelompok orang ) tetapi ia pernah bertemu dengan mereka”,  maka beliu menjawab: “ seseorang itu akan bersama-sama dengan orang yang dicintainya (nanti diakhirat)”.
2.      Penjelasan (Syarah Hadis)
Hadis ini juga menjelaskan adanya pengaruh kekasih atau teman yang dicintainya. Secara psikologis setiap  orang mempunyai kecendrungan untuk memiliki kekasih atau teman yang sama dengan dicintainya. Teman atau kasih yang dicintai seseorang pada umumnya sesuai dengan apa yang dicintai oleh dirinya. Seseorang berkelompok atau berkumpul pada umumnya juaga cendrung memilih kelompok yang sama. Hal ini menunjukkan adanya kesamaan  antara sesama teman  yang dicintai baik dalam beragama, hobi, kesenangan, watak, karakter , profesi, dan lain-lain. Minsalnya seorang  guru, dosen,ulama’,dokter,insinyur,karyawan, dan lain-lain. Oleh karna itu, disana banyak kelompok atau organisasi yang mengikat kecendrungan yang sama tersebut.
Rasulullah bersabda sebagai mana dalam Hadis di atas :
الرَّ جُلُ دِيْنِ خَلِيْلِهِ
“ Seorang itu mengikuti agama kekasihnya.”
Seseorang itu mengikuti kebiasaan temannya, pendangan hidup, akhlak dan agamanya.Dengan demikian melihat seseorang cukup melihat kekasihnya, jika kekasihnya orang baik dia baik pula dan jika kekasihnya orang jahar atau orang tidak baik maka dipun menjadi orang yang tidak baik.
Al-Ghazali berkata : “berteman dengan orang yang rakus dunia menjadi rakus dan berteman dengan orang yang zuhud menjadi zudud. Perintah memiliki teman yang baik dalam hadis tersebut berlaku kepada semua orang sekalipun kecendrungan hatinya tidak baik.Demikian juga makna kekasih juga bersifat umum, baik kekasih sebagai teman biasa atau kekasih sebagai teman berbisnis maupun kekasih untuk dijadikan pasangan seperti calon istri, calon menantu, dan calon mertua.Semuanya hendaknya lebih mengutamakan faktor agama dan akhlak. Rasulullah SAW berabda dalam hadis yang diriwayatkan oleh abu Hurairah:
تُنْكَحُ اَلْمَرْ  أَ ةُ لِأَ رْ بَمٍ : لِمَا لِهَا وَ لِحَسَبِهَا وَلِجَمَا لِهَا وَ لِدِ يْنِحَا فَا ظْفَرْ بِذَاتِ اَلدِّينِ تَرِ بَتْ يَدَاكَ ـ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ مَعَ بَقِيَّةِ اَلسَّبْعَة 
Wanita itu hendaknya dinikahi karena 4 perkara : karna hartanya, karna nasab keturunanya, karna kecantikan dan karena agamanya. Palihlah wanita yang beragama, berdebu kedua tanganmu (berkah hidup).(Muttafaq ‘Alaih dan imam tujuan).
Kekasih untuk dijadikan pasangan hidup untuk membanguan suatau rumah tangga yang berbahagia juga sangat ditentukan oleh akhlak dan agama. Hadis ini membimbing kita untuk memilih kekasih yang beragana dan berakhlak di samping faktor lain.  Orang yang mencintai orang saleh dihukumi saleh pula, ia dikelompokkan bersama orang saleh baik di dunia maupun di akhirat. Dalam QS. Al-furqan (25): 27-29 Allah menceritakan penyesalan orang yang tidak mencintai teman orang-orang saleh besok hari kiamat.
وَيَوْ مَ يَعَضُّ الظَّا لِمُ عَلَي يَدَ يْهِ يَقُو لُ يَا لَيْتَنِي اتَّخَذْ تُ مَعَ الرَّ سُو لِ سَبِيلا .
Dan (ingatlah) hari (ketika) orang yang zalim itu menggigit dua tangannya, seraya berkata: “ Aduhai kiranya (dulu) aku mengambil jalan (yang lurus) bersama rasul.
يَا وَ يْلَتَنِي لَمْ أَ تَّخِذْ فُلا نًا خَلِيلا
Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan sifulan jadi teman akrab (ku).
لَقَدْ أَضَلَّنِي عَنِ الذَّ كْرِ بَعْدَ  إِذْ جَاَءنِي وَكَانَ الشَّيْطَا نُ لِلإِ نْسَانِ خَذُولا.
“ teman –teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang –orang yang bertakwa.”
Mendidik anak cinta orang saleh sangat penting dengan mengenalkan figur orang –orang saleh baik yang masih hidup maupun sejarah mereka  yang sudah  wafat , agar anak- anak dapat menaladani kehidupan mereka. Disini perlunya mata pelajaran sejarah  islam dan sejarah bangsa agar anak –anak mengenal dan meneladani mereka. Pada zaman sekarang anak –anak  kita lebih kenal nama –nama bintang filam daripada nama –nama para sahabat dan para ulama. Bagaiman anak –anak kita dapat meneladani mereka.
3.      Pelajaran yang Dapat Dipetik
a.       Memilih kekasih, teman, dan sahabat yang dicintai agama dan  menjauhi teman yang dibenci agamanya
b.      Derajat minimal dalam persaudaraan dan persahabatan adalah menilai teman sama dengan menilai kepentingan dirinya sendiri
c.       Orang yang mencintai kekasih, teman, sahabat orang shaleh dan takwa di nilai sama dengan orang shaleh baik didunia maupun di akhirat
d.      Menjauhi kekasih atau teman yang nakal dan fasik agar tidak digiring bersama mereka 
e.       Teman itu berpengaruh dalam persahabatanya. 
C. Pengaruh Orangtua
عَنْ أبِي هُرَ يْرَ ةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَا لَ قَالَ رَسُوْ لِ الله صلى الله عليه وسلم مَا مِنْ مَوْ لُوْ دٍ إِلَّايُو لَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ وَيُنَصِّرَانِهِ أوْ يُمَجِّسَاِنهِ كَمَا  تُنْتَجُ الْبَهِيْمَةُ بَهِيْمَةٌ  جَمْعَاءَ هَلْ تُحِسُّونَ فِيْهَا مِنْ جَدْ عَاءَ ثُمَّ يَقُوْ لُ أَبُو هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فِطْرَةَ اللهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ  عَلَيْهَا لَا تَبْدِ يْلَ لِخَلْقِ اللهِ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ (متفق عليه)
1.      Terjemahan
Dari abu Hurairah r.a. berkata, rasulullah SAW berbeda: “tidak ada seorang anak (adam) melainkan dilahirkan atas fitrah (islam), maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya beragama Yahudi atau beragama nasrani atau beragama majusi. Bagaikan seekor binatang melahirkan seorang anak.Bagai mana pendapat mu apakah didapati kekurangan? Kemudian abu hurairah menbacakan firman Allah (Q.S. ar-rum:30). (tetaplah atas) firman Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah (agama Allah). (HR. Muttafaq’Alaih).
2.      Penjelasan (Syarah Hadis)
Hadis di atas menjelaskan tentang setatus fitrah setiap anak, bahwa setatusnya bersih, dan Islam baik anak seorang Muslim ataupun non-Muslim. Kemudian orang tuanya lah yang memelihara dan memperkuat keislamannya atau bahkan mengubah menjadi tidak muslim, seperti Yahudi, Nasrani, dan Majusi. Hadis ini memperkuat bahwa pengaruh orang tua sangat dominan dalam membentuk kepribadian seorang dengan factor-faktor pengaruh pendidikan lain. Kedua orang tua mempunyai tanggung jawab yang lebih besar dalam mendidik anaknya.
Rasulullah SAW bersabda :
مَا مِنْ مَوْلُوْدٍإلاَّ يُو لَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ
“Tidak ada dari seorang anak (Adam) melainkan dilahirkan atas fitrah (islam)”.
Ada beberapa radaksi teks Hadis ini yang berbeda dalam beberapa buku induk Hadis sekalipun maknanya sama, antara lain sebagaimana diriwayatkan Bukhari Muslim. Riwayat lain sebagai berikut :
a.       Riwayat Abu Dawud, Ahmad, dan Ibnu HIbban:
كُلُّ مَوْ لُودٍ يُو لَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ
b.      Riwayat al-Baihaqiy, Ahmad dalam riwayat lain dan Malik:
مَا مِنْ مَوْ لُوْدٍ فِي بَنِيْ آدَمَ إِلَّايُوْلَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ....
كُلُّ إِنْسَانٍ تَلِدُهُ أُمُّهُ عَلَى الْفِطْرَةِ....
Kata fitrah berasal dari bahasa arab yang kemudian sudah menjadi bahasa komunitas Indonesia atau bahasa Indonesia “jadian” (kata serapan), minsalnya; mengangkat fitrah manusia. Namun tetap harus dipelihara maknanya menurut asal kelahirannya secara fitrah, kerna iamengandung makna yang relegius. Karana fitara bukan saja bawaan sejak lahir seperni naluri dan jati diri seseorang, akan tetapi sangat berkaitan dengan esensi dan rahasia fitrah itu sendiri yang masih dipandang semu oleh sebagian orang.
Secara etimologi kata Fitrah berasal dari bahasa Arab, yaitu dari kata
فطر، يفطر،فطرا،وفطرة
1)      Terbelah dan tumbuh, misalnya: " فطْرَنَابُ البَعِير"onta itu terbelah (daging gusi) dan tumbuh gigi taringnya. Tumbuhnya gigi taring dengan membelah daging gusi mengawali asal kejadiannya, dan itu di sebut fitrah.
2)      Ciptaan awal, misalnya firman Allah dalam QS.al an’aam (6):79
yang artinya; 
Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan cendrung kepada agama yang benar “
Dalam ayat di atas, ciptaan langit dan bumi adalah ciptaan Allah yang tidak ada contoh sebelumnya dan tidak ada yang menyerupainya. Demikian juga ciptaan Allah yang lain, seperti bentuk manusia baik dari segi jasmani maupun rohani adalah fitrah.
3). Dalam berbagai kamus besar bahasa Indonesia, pada umumnya diartikan; sifat asal, bakat, pembawaan,perasaan agama, ciptaan yang ada pada setiap sesuatu pada awal kejadian,insting, dan bawaan sejak lahir, baik berbentuk fisik, psikis, rohani atau sifat, dan norma, baik pada Manusia maupun makhluk yang lain.
Dari beberapa keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa arti fitrah bahwa ciptaan awal asal kejadian, insting, dan bawaan sejak lahir, baik berbentuk fisik, fisikis, ruhani/sifat, dan norma baik pada manusia atau yang lain. Mungkin ia lebih dekat dengan insting, sekalipun tidak sama persisi karena fitrah makna cakupannya meliputi naluri dan jati diri baik secara lahir maupun batin. sedangkan insting lebih bersifat potensi batin saja untuk membimbing melakukan akitivitas pekerjaan. 
Sebagai perbandingan pengertian fitrah dalam terminology  sunah bergantung pada konteks Hadis riwayat Muslim menyebutkan:-عَشْرُ مِنَ الْفِطْرَةada sepuluh fitrah  dan pada riwayat Mutafa’alaih dari Abu Hurairah r.a. berkata rasulullah SAW bersabda:
الْفِطْرَةِ خَمْسٌ، أَوْ خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ: الْخِتَانَ، وَالإِسْتِحْدَادُ، وَتَقْلِيْمُ الأَ طْفَارَ، وَنَطْفُ الإِبْطِ،وَقَصُّ الشَّارِبِ (مفق عليه)
“ Fitrah itu ada lima atau lima macam dari fitrah , khitan, mencukur, rambut kemaluan, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, dan memotong kumis.” ( HR. Bukhari dan Muslim ).
Arti fitrah pada Hadis tersebut adalah, karakter yang diciptakan Allah untuk manusia dan harus dilakukannya. atau diartikan sunnah ( tradiisi) dari dahulu yang dipilih para nabi dan sesui dengan syariat, atau al-Khatabi menyatakan fitrah menurut mayoritas ulama diartikan sunnah.
Berbeda dengan makna fitrah pada hadis diatas “setiap anak dilahirkan pada fitrah “ makna fitrah disini ada bebrapa pengertian, diantaranya : 
1.      Al –khilqah ( ciptaan ) awal sejak dilahirkan yang masih netral  tidak diketahui iman dan kufurnya sehingga mencapai umur baligh.
2.      Al (ال ) pada kata “ al- fitrah “ ( الفطرة) bermakna ; fitrah yang sudah di maklumi  (للعهد ) maknanyaفطرة ابويه    (  fitrah anak mengikuti fitrah orang tuanya ). fitrah anak islam jika orang tuanya Muslim dan sebaliknya.
3.      Fitrah diartikan agama islam .jadi, setiap anak yang lahir membawa fitrah yakni agama islam, sekalipun dari orang tua yang non –muslim. pendapat terakhir ini didukung  oleh beberapa alasan :
a.       Ditunjuki oleh perkataan Abu Hurairah setelah menyampaikan periwayatan Hadis tersebut , melali sanad yang berbeda kemudian ia membaca QS. ar- ruum (30): 30
Makna fitrah pada ayat tersebut jelas agama islam, karena kalimat sebelumnya pada ayat tersebut, Allah berfirman pada permulaan ayat tersebut : “maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada Agama Allah.”
b.      Firman Allah dalam QS. al- A’raaf (7): 172, ketika Tuhan mengeluarkan keturunan anak –anak adam dari sulbi mereka dan diambil kesaksiannya atas jiwa mereka, Allah berfirman:
“  Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku Ini Tuhanmu?" mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuban kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap Ini (keesaan Tuhan)",
Ayat di atas  secara dialogis mengisyaratkan adanya penguatan dan persaksian terhadap Tuuhan sejak manusia belum lahir secara fisik di dunia ini sudah mengakui Allah sebagai tuhan.
c.       Nabi SAW tidak mengatakan : “ فأبواهيسلمانه“ ( kerdua orang tuanyalah yang menjadikannya islam ). Nabi SAW hanya mengatakan : “kedua orang tuannyalah  yang menjadikannya  Yahudi, Nasrani, dan /atau majusi.”
d.      Menurut Ibnu al –Qayyim intrerprestasi kata fitrah selain islam dipengaruhi oleh aliran Qadariyah ( free will ) yang berpendapat bahwa kufur dan maksiat bukanlah qada’ Tuhan, akan tetapi ulah manusia sendiri.
Empat alasan diatas  sangatlah signifikan dalam mendukung makna agama islam bagi kata fitrah dalam sunnah di atas, dan sekaligus dapat  meluruskan asumsi aliran pendidikan yang berbau komunis  yang  menolak fitrah anak secara islam, bahkan menolak wujudnya  Tuhan atau paham  yang akhirnya menjadikanya semacam agama, tetapi tidak sesuai dengan fitrah. Komunisme berpendapat, bahwa manusia bagaikan binatang atau  materi lain, Ia bersih dari potensi apa saja, kita  bias menciptakannya sesuai dengan selera kita sendiri.
Dalam hal ini , konsep pendidikan dalam sunnah ada kemiripan dengan aliran konvergensi yang dipelopori oleh William Stern, sekalipun tidak sama persisi dan memang berbeda. teori aliran konvergensi ini adalah mengkrompmikan  dua teori  aliran pendidikan diatas, yaitu  melegemitasi adanya potensi bakat anak sekalipun bakat yang tidak baik dan perlunya  pengaruh pendidikan.
Oleh karena itu , segala asas , tujuan, materi  dan segala tindakan dalam pendidikan harus menunjang fitrah tersebut , tidak boleh kontra bahkan tidak boleh mengubah fitrah tersebut.
3.      Pelajaran Yang Dipetik dari Hadis
Dari uraian diatas dapat disimpulkan sebagai berikut :
a.       Makna fitrah boleh beragam dan berbeda di kalangan para pakar pendidikan, akan tetapi ddalam konteks keimanan dan persepektif  sunah mayoritas ulama memberikan makna agama islam yang suci lahir dan batin.
b.      Pendidikan fitrah anak merupakan amanat dari  Tuhan yang secara khusus dipikulkan di atas pundak kedua orang tuanya
c.       Kewajiban pendidikan adalah menjaga kesucian fitrah dari pengaruh pendidikan atau pengaruh pendidikan yang kotor  yang ingin mengubah kesucian fitrah tersebut.
d.      Aspek pendidikan fitrah sangat menentukan bagi keberhasilan pendidikan, karena ia merupakan landasan utama dalam penyelenggaraan pendidikan islam.
D. Pengaruh Pendidik
وَعَنْ صُهَيْبٍ- رَضِىَاللهُ عَنْهُ: – أَنَّ رَسُلُوْلَ اللهُ – صل الله عَلَىْه ِوَسَلَمَ- : قَالَ :
 ( كَانَ مَلِكً فِيْمَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ وَكَانَ لَهُ سَاحِرٌ فَلَمَّا كَبِرَ قَالَ لِلْمَلِكِ : إنِّى قَدْ كَبِرْتُ فَابْعَثْ إلَيَّ غُلاَمًا أُعَلِّمْهُ الِّسحْرَ، فَبَعْثَ إِلَيْهِ غَلَامًا ىُعَلِّمُهُ ، وَكَانَ فى طَرِيْقِهِ إِذَا سَلَكَ رَاهِبٌ، فَقَعْدَ إِلَيْهِ وَسَمِعَ كَلْامَهُ فَأعْجَبَهُ وَكَا نَ إذَا أتَي السَّا حِرَ, مَرَبَّا لرَّا هبِ ؤقَعَدَ إِلَيْهِ,فَإِذَا أَتَى السَّاحِرَ مَرَّ بَا لرَّ اهِبِ وَقَعَدَ إِلَيْهِ , فَإِذَ ا أَتَي السَّا حِرَ ضَرَبَهُ، فَشَكَا ذَلِكَ إِلَى الرَّاهِب ، فَقَاَلَ : اِذَا خَشَيْتَ السَّاحِرَ، فَقُلْ : حَبَسَنِي اَهْلِي، وَاِذَا خَشِيتَ اَهْلَكَ، فَقُلْ، حَبَسَنِي السَّاحِر. فَبَينَمَا هُوَ عَلَى ذَلِكَ اِذْ اَتَى عَلَى دَابَّةَ عَظِيمَةٍ قَدْ حَبَسَتِ النَّا سَ, فَقَالَ: الْيَوْمَ أَعْلَمُ السَّاحرُ أَفْضَلُ أَم الرَّااهبُ أفْضَلُ؟ فَأخَذَ حَجَراً,فَقَالَ :اللَّهُمَّ ان كَانَ أمْرُ الرَّاهِبِ أَحَبَّ إِلَيْكَ مِنْ أَمْرِ السَّاحِرِ فَاقْتُلْ هَذِهِ الدَّابَّةَ حَتَّى يَمْضِي النَّاسُ, فَرَمَاهَا فَقَتَلَهَا ومَضَى النَّاسُ, فَأتَى الرَّاهبَ فَأَخَبَرَهُ. فَقَالَ لَهُ الرَّاهبُ: أَيْ بُنَيَّ أَنْتَ اليَوْمَ أفْضَل منِّي قَدْ بَلَغَ مِنْ أَمْرِّكَ مَا أَرَى, وَإِنَّكَ سُتُبْتَلَى, فَإن ابْتُلِيْتَ فَلَا تَدُلَّ عَلَيَّ, وَكان الغُلامُ يُبرىءُ الأكْمَهَ وَالأَبْرصَ, ويدا وي النَّاسَ مِنْ سَاءِرِ الأَدْوَاء. (أخرجه مسلم)
1. Kosakata (Mufradat)
a.      سَاحِرٌ
Tukang sihir atau dukun dalam riwayat al-Turmudzi
b.     غُلَامًا
Seorang anak dalam usia sejak bersapih dari susuan ibunya sampai baligh
c.      رَاهِبٌ
Seorang tokoh agama pada masa umat dahulu, pendeta
d.     فَأَعَجَبَهُ
Maka ia tertarik
e.      فَشَكَا
Maka ia mengadu
f.       إِذَاخَشيتَ
Jika engkau takut
g.     حَبَسَنِي
Ia melarang aku 
h.     دَابَّةٍعَظِيْمَةٍ
Seekor binatang besar, macan
i.       سَتُبْتَلَى
Engkau akan diuji
j.       يُبْرِىءُ
Ia menyembuhkan
k.     الأكْمَهَ وَالْأَبْرَصَ
Buta sejak lahit dan kusta
l.       وَيُدَاوِي
Dan ia mengobati
m.  الأَدْوَاء 
Berbagai penyakit, jamak dari kata : دَوَاءَ
2. Terjemahan Hadis
Dari Syuhaib r.a. Rasulullah Saw bersabda : “Dahulu ada seorang raja, dia mempunyai seorang ahli sihir. Setelah ahli sihir itu tua, dia berkata kepada sanga raja: Aku telah tua, kirimkan kepadaku seorang anak remaja untuk aku ajarkan kepadanya ilmu sihir. Kemudian didatangkan kepadanya seorang anak remaja untuk diajarinya.Di jalan yang dilalui anak itu ketika pergi kepada ahli sihir itu ada seorang pendeta. Maka ia mampir krpada pendeta itu dan mendengarkan ajarannya. Ternyata ajaran pendeta itu sangat mengagumkan baginya.Setiap remaja yang datang terlambat kepada ahli sihir itu, dia dipukulnya, lalu dia mengadu kepada si pendeta. Pendeta itu berkata: Jika kamu takut kepada ahli sihir karena terlambat datang, katakanlah kepadanya Aku terlambat karena dihalangi keluarga. Dan jika kamu takut kepada keluargamu, katakanlah kepadanya, Aku terlambat pulang karena dihalangi ahli sihir.Maka berjalanlah suasana demikian dalam beberapa waktu. Pada suatu ketika, dia melewati seekor binatang besar yang menghambat manusia berlalu lintas, lalu anak remaja itu berkata: sekarang aku akan tahu, si ahli sihirkah yang lebih utama atau si pendeta? Kemudian diambillah sebuah batu, lalu dia mengucapkan, Ya Allah, jika ilmu pendeta itu lebih engkau senangi dari pada ilmu tukang sihir, bunuhlah binatang itu sehingga orang-orang pun dapat lewat.Setelah peristiwa itu, remaja pergi mendatangi pendeta memberitahukan kejadian tersebut.kata pendeta kepadanya: Wahai anakku, sekarang kamu lebih utama daripadaku. Ilmu yang kamu miliki telah sampai pada tujuan yang telah aku harapkan. Akan tetapi, kamu harus ingat bahwa kamu akan mendapat cobaan. Jika kamu telah dicoba, janganlah sampai menunjukkan bahwa akulah yang mengajarimu.Remaja itu dapat menyembuhkan orang buta sejak lahir dan oarng yang terkena penyakit kusta. Bahkan ia dapat mengobati berbagai macam penyakit yang diderita manusia… (HR. Muslim). 
3. Penjelasan ( Syarah hadis ) 
Hadis diatas  potongan dari teks hadis yang panjang yang menjelaskan tentang suatu kasus yang trjadi pada masa uamat  terdahulu. Berita hadis yang disampaikan Nabi SAW termasuk berita gaib yang tidak diketahui sebelumnya kecuali melalui periwayatan yang shahih seperti hadis diatas.Hadis ini menjeaskan bagaimana keberhasilan pendidikan seorang murid bergantung guru yang memengaruhinya.Pengaruh seorang guru dari kalangan ahli agama lebih berhasil daripada guru tukang sihir, karena kebenaran ajarannya dapat dibuktikan oleh muridnya sehingga menumbuhkan kepercayaan yang kuat terhadap gurunya.
Pada mulanya seorang murid yakni seorang remaja yang masih polos belum tahu mana diantara dua guru yang harus diikuti.Remaja ini dikirim karena permintaan tukang sihirnya, karena dia sudah tua demi keberlangsungan kerajaan. Kata tukang sihir :
إنِّي قَدْ كَبِرْ تُ فَا بْعَثْ إلَيَّ غُلا مًا أُعَلِّمْهُ السِّحْرَ
“ Aku telah tua,kirimkan kepadaku seorang anak remaja untuk akuajarkan kepadanya ilmu sihir.”
Kemudian dikirimkan remaja itu untuk mempelajari ilmu sihir, tetapi kemudian ditengah perjalanan ia sangat tertarik dengan pengajaran seorang pendeta yang mengajarkan ilmu kebenaran. Dua guru itu membawa pengaruh yang berbeda, guru seorang tukang sihir raja membawa ilmu kebatilan dan guru seorang pendeta membawa ilmu kebenaran yang sejati.Ditengah perjalanan seorang remaja itu harus memutuskan dan memilih mana salah satu diantara kedua guru yang benar. Ketika dihadapkan suatu ujian yang besar yakni terhadang seekor binatang macan ditengah jalan, disitulah ia minta petunjuk kepada Allah. Jika binatang itu dilempar dengan batu kerikil mati, yang benar adalah seorang guru pendeta dan jika tidak mati, yang benar adalah guru seorang tukang sihir raja. Benarlah remaja itu mendapat bimbingan petunjuk dari Allah, binatang itu mati seketika,maka iamemutuskan memilih berguru pada ilmu yang benar sehingga menjadi seorang pelajar yang sukses yakni menjadi seorang dokter yang bisa mengobati berbagai penyakit yang tidak bias diobati  oleh umumnya dokter.
Keberhasilan remaja karena keyakinan dan iktikad yang benar terhadap gurunya. Dua perkara ini menjadi persyaratan seorang mrid yang ingin berguru dengan seorang guru yakni yakin terhadap guru dan mempunyai iktikad yang benar,sebagaimana kata syair dalam kitab
Nadzam al-Ajurumiyah :
إذِ الْفَتَي حَسْبَ اعْتِقَا دِهِ رُفِعْ # وَكُلُّ مَنْ لَمْ يَعْتَقِدْ لَمْ يَنْتَفِع
Karena seorang pemuda itu bergantung pada iktikadnya terangkat. Setiap orang yang tidak mempnyai iktikad pada dirinya,tidak bermanfaat.
Murid yang siap menerima ilmu dan pembelajaran dari seorang guru adalah murid yang mempunyai keyakinan dan kepercayaan kepada guru secara total dan mempunya iktikad  yang benar, sehingga ada kesatuan jiwa antara murid dan guru. Murid dengan keyakinannya dan guru dengan ketulusannya dapat mengantarkan kesuksesan dalam belajar.
Ada dua corak macam pendidik; pendidik berakhlak buruk yang mengajarkan kejahatan yang sekadar bertujuan mendapatkan materi dan jabatan dan ada pendidik yang berakhlak baik yang mengajarkan kebenaran dan kebaikan.Dua macam guru tersebut selalu bersaing mencari pengaruh dalam rangka regenerasi ilmu.Murid hendaknya kritis memilih guru yang berakhlak mulia dan mengajarkan kebenaran.
Al-Zurnijiy menganjurkan agar memilih guru yang lebih alim, punya wawasan keilmuan (al-a’lam), lebih berhati-hati dalam memelihara hukum (al-wara), lebih senior dan lebih dewasa (al-assan). Guru yang baik akan sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadian murid dan guru yang berkepribadian buruk sangat berbahaya pengaruhnya dalam mendidik anak murid.
Guru dan murid yang selalu berada dalam kebenaran dan berpegang teguh pada akidah yang benar tidak lepas dari ujian yang akan menimpanya. Berbagai ujian yang menimpa pada seseorang yang beriman akan membuat semakin jadi kuat imannya. Suatu pertolongan dan petunjuk pasti datng baginya terutama pada saat kritis menghadapi berbagai ujian tersebut.
4. Pelajaran yang dapat dipetik dari hadis 
1. Pengaruh seorang pendidik sangat besar dalam mengantarkan kesuksesan murid dan dalam membentuk kepribadiannya.
2. Macam-macam guru, ada yang mengajarkan kebaikan dan ada pula yang mengajarkan kejahatan. Oleh karena itu, sebagai seorang murid harus berhati-hati dalam memilih seorang guru atau untuk menjadikan seseorang menjadi guru.
3. Kedua guru tersebut menggunakan pengaruh dan kelebihan untuk meendidik anak didik dalam rangka mewariskan ilmunya demi pengabdian agama dan masyarakat.
4. Anak yang cerdass dapat memilih mana guru yang baik, guru memiliki visi dan misi yang baik dan berakhlak mulia.
5. Guru dan murid yang menempuh kebenaran akan menghadapi berbagai ujian. Ujian yang amat besar adalah ujian iman kepada Allah dan membela kebenaran,taruhannya nyawa dan balasannya surga bagi yang sabar menghadapinya.
6. Keberhasilan pendidikan seorang anak murid berkat pengaruh seorang pendidik yakni seorang guru harus didukung dengan sifat kelebihannya, seperti Nabi didukung dengan mukjizatnya, wali dengan karomahnya, orang mukmin dengan ma’unahnya dan guru dengan sifat keteladanannya
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan 
Ada tiga pengaruh pendidikan anak yaitu; pengaruh teman,pengaruh kekasih, pengaruhorang tua, dan pengaruh guru. Pengaruh teman yang baik digambarkan seperti berteman dengan seorang pembawa minyak kasturi sedang teman yang buruk bagaikan berteman dengan seorang peniup api.
Kekasih juga berpengaruh terhadap pendidikan seorang anak, kadar nilai agama atau akhlak seorang anak ditentukan oleh siapa kekasihnya. Seseorang digiring dengan bersama seseorang yang dicintainya baik dunia maupun akhiratnya. Jika seseorang yang dicintainya masuk surga ia pun masuk surga sekalipun tingkat surganya berbeda karna amalnya berbeda.
Orang tua mempunyai pengaruh yang besar dalam pendidikan anak. Anak sejak lahir telah membawa fitrah islam yang sempurna. Perkembangan fitrah islam ini bergantung bagai mana pengaruh pendidikan yang diberikan oleh orang tua, adakalanya memupuk, melestarikan dan mengembangkan fitrah islamiahnya dan adakalanya mematikannya dan berubah menjadi yahudi, nasrani, atau majusi. Kewajiban orang tua adalah mendidik anak yang searah dengan fitrah tersebut tidak boleh menyimpang dan menggantikannya dengan yang lain.
Pendidik/guru adalah tempat seorang anak memperdalam dan menimba ilmu untuk memngasah femahaman dan memperkuat pengetahuan.
DAFTAR ISI
Khon, Abdul Majid. Hadis Tarbawi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2014.
Muhammad, Abubakar. Hadis Tarbiyah. Surabaya: Al-Ikhlas, 1995.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadis Tarbawi ( Cita-Cita dan Harapan Belajar)

Tafsir Tarbawi (Q.S At-Taubah ayat 122)