Tafsir Tarbawi (Q.S At-Taubah ayat 122)

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Surat At-Taubah ayat 122 merupakan surat yang turun di Madinah. Surat itu turun ketika Rasullulah SAW memerintahkan pasukan untuk mengikuti perang, banyak sekali orang yang mengajukan diri kepada Nabi SAW untuk ikut berperang, kemudian turunlah ayat ini yang memerintahkan kepada mereka untuk sebagian memperdalam ilmu agama. Mereka yang memperdalam ilmu agama agar dapat memberikan peringatan kepada kaum mereka apabila mereka kembali dalam peperangan.
Seandainya mereka semua ikut pergi berperang, maka dikhawatirkan tidak ada yang memperdalam ilmu agama. Maka sejak masa Rasulluloh SAW , masa khulafaurrosyidin hingga masa bani umayah dan abbasiyyah banyak bermunculan para ulama. Banyak sahabat nabi yang memperdalam ilmu agama, seperti Ibnu Abbas dan sahabat lainnya, selain memimmpin pemerintahan dan perang para khulafaurrosyidin juga memiliki ilmu agam yang baik. Hingga bermunculan ulama pada masa Umayah dan Abbasiyah seperti Imam Abu Khanifah, Imam Maliki, Imam Syafi'i, Imam bin Hmabal dan masih banyak lagi yang lain.
Hinggasaat ini umat islam dianjurkan untuk memeperdalam ilmu agama. Menuntut ilmu sangat penting bagi dalam ajaran islam, karena perbuatan tanpa didasari dengan ilmu maka perbuatan itu akan sia-sia. Selain itu, dengan ilmu kita dapat memperingati orang lain jika mereka menyimpang dari ajaran agama. Manusia dikaruniai akal dan pikiran yang tidak diberikan kepad makhluk lain agar dpat mempelajari ilmu apapun. Alangkah ruginya manusia jiak tidak memanfaatkan anugrah itu dengansebaik-baiknya. 
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana penafsiran Q.S at-Taubah ayat 122 menurut tafsir al Maraghi, Tafsir Al Mishbah dan Tafsir Al-Azhar?
2. Apa nilai pendidikan yang terkandung dalam Q.S at-Taubah ayat 122?
C. Tujuan Masalah
1. Mengetahui penafsiran Q.S at-Taubah ayat 122 menurut tafsir Al Margahi, Tafsir Al Mishbah dan Tafsir Al Azhar.
2. Menegtaui nilai pendidikan yang terkandung dalam Q.S at-Taubah ayat 122
BAB II
PEMBAHASAN
A. Ayat tentang at-Taubah ayat 122
بسم الله الرحمن الرحيم. وما كان المومنونلينفرواكافةفلو لا نفرمن كل فر قة منهم طا نفة لينفقهوا في الذين ولينذرواقومهم اذارجعو ا اليهم لعلهميحدرون (١٢٢)
Artinya: " tidak sepatutunya bagi mukminin itu pergi sepatutnya ( ke medan perang). Menagpa tidak pergi dari tiap-tiap golongan diantara mereka bebera orang utnuk memeperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya kepada mereka telah kambali kapadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya. ( at-Taubah; 122).
B. Penafsiran Q.S at-Taubah ayat 122 Menurut Tafsir Al Maraghi,Tafsir Al  Mishbah dan Tafsir Al-Azhar?
  a. Penafsiran Q.S at-Taubah ayat 122 menurut Tafsir Al- Maragi
1. Penafsiran kata-kata sulit
Nafara : berangkat perang
Laula  : kata-kata yang berarti anjuran dan dorongan melakukan sesuatu yang disebutkan sesudah kata-kata tersebut, apabila hal itu terjadi di masa yang akan datang. Tetapi laula juga berarti kecaman atas meninggalkan perbautan yang disebutkan sesudah kata itu. Apabila merupakan hal yang terlewat. Apabila hal yang dimaksud merupakan perkara yang mungkin dialami, maka bisa juga laula, itu berarti perintah mengejakannya.
Al-Firqah  : Kelompok Besar 
Ath-Tha'ifah : Kelompok Kecil 
Tafaqqaha  : berusaha keras untuk mendalami memahami suatu perkara dengan  susah payah untuk memperolehnya.
Andzarahu  : menakuti-nakuti dia
Hadzirahu  : berhati-hati terhadapnya
2. Pengertian secara Ijmal (umum)
Ayat ini menerangkan kelengkapan dari hukum-hukum yang menyangkut perjuangan. Yakni, hukum mencari ilmu dan mendalami agama. Artinya, bahwa pendalaman ilmu agama itu merupakan cara berjuang dengan menggunakan hujjah dan penyampaian bukti-bukti, dan juga merupakan penting dalam menyeru kepada iman dan meneggakan sendi-sendi Islam. Karena perjuangan menggunakan pedang itu sendiri di syari'atkan kecuali untuk menjadi benteng dan pagar dari da'wah tersebut, agar tidak dipermainkan oleh tangan ceroboh dari orang-orang munafik.
Menurut riwayat Al-Kalabi dan Ibnu Abbas, bahwa dia mengatakan, " setelah Alloh mengecam keras terhadap orang-orang yang tidak menyertai Rosulluloh dalam peperangan, maka tidak seorang pun diantara kami yang tidak untuk menyertai bala tentara atau utusan perang untuk selam-lamnya, hal ini benar-benar mereka lakukan, sehingga tinggalan Rosulluloh senditi. Maka,turunlah wahyu:
وما كان المؤ نؤن لينفروا كافة
Tidakkah patut bagi orang-orang mu'min, dan juga tidak dituntut supaya mereka  seluruhnya berangkat menyertai setiap urusan penting yang keluar menuju medanperjuangan. Karena, perang itu sebenrnya fadhu qifayah, yang apabila telah dialaksankan oleh sebagian maka gugurlah yang lain, bukan fadhu 'ain yang wajib dialkukan oleh setiap orang. Perang barulah menjadi wajib, apabila Rosululoh sendiri keluar dan mengerahkan kaum mu'minin menuju medan perang. 
Mengapa tidak golonagan saja atau tidak sekolompok kecil saja yang bernagkat ke medan tempur dari tiap-tiap golongan besar kaum mu'minin seperti openduduk suatu negeri atau suatu suku, dengan maksud supaya orang-orang mu'min seluruhnya dapat mendalami ilmu mereka. Yaitu dengan cara tidak diberangkatdan tinggal dikota (Madinah), berusaha keras untuk memahami agama, yang wahyu-Nya turun kepada Rosulluloh saw. Hari demi hari berupa ayat-ayat, maupun yang berupa hadits-hadits darinabi SAw. Yang enenrangkan ayat-ayat tersebut, baik dengan perkataan maupun perbuatan. Dengan demikian maka diketahuhilah hukum dengan hikmahnya, dan menjadi jelas yang masuh muj'mal dengan adanya perbuatanNabi tersebut. Disamping itu oarang yang mendalami agama memberi peringatan kepada kaumnya yang pergi perang mengahdapi musuh, apabila mereka telah kembali kedalam kota.
Artinya, agar tujuan utama dari orang-oarang yang mendalami agam itu karenga ingin membimbing kamunnya, mengajri mereka dan memberi peringatan kepada mereka tentang akibat kebodohan dan tidak mengamlkan apa yang mereka ketahui., dengan harapan supaya mereka takut kepada Allah dan berhati-hati terhadap akibat keamksiatan, disamping agar seluruah kaum mu'mini mengetahui agama mereka, mampu menyebarkan da'awahnya dan membelanya, serta menerangkan rahasia-rahasiaNya kepada seluruh umat manusia. Jadi, buakn bertujuan supaya memperoleh lepemimpinan dan memperoleh kedudukan yang tinggi serta mengungguli kebanyakan orang lain, bertujuan memperoleh harta dan meniru oarang zalim dan para enindan dalam berpakaian, berkendaraan maupan dalam persaingan diantara sesama mereka.
Ayat tersebut merupakan isyarat tentang kewajibannnya dalam pendalaman agama dan siap mengajarkannya di tempat-tempat pemukiman, serta memahamkan orang-orang lain kepada agama, sebanyak yang dapat memperbaiki keadaan mereka. Sehingga, mereka tidak bodoh tentang hukum-hukum agama secara umum yang wajib diketahui oleh setiap mu'min.
Orang-orang yang beruntung dirinya memperoleh kesempatan untuk mendalami agama dengan maksud sperti ini, memerka mendapatkan kedudukan yang tinggi disisi Allah swt., dan tidak kalah tingginya dari kalangan pejuang yang mengobarkan harta dan jiwa dalam meninggikan kalimat Allah SWT. Membela agama dan ajarannya. Bahkan mereka boleh jadi lebih utama dari para pejuang pada selain stuasi ketika mempertahankan agama menjadi wajib 'ain bagi setiap orang.
b. Penafsiran Q.S at-Taubah ayat 122 Menurut Tafsir Al-Azhar
Dengan susun kalimat Falaula, yang berarti diangkat naiknya, maka ttuahn telah menganjurkan pembagian tugas. Seluruh orang yang beriman diwajibkan berjiahd dan diwajibkan berperang menurut kesanggupan masing-masing, baik secara ringan maupun berat. Maka dengan ayat ini tuhan pun menuntun, hendaklah jihad itu dibagi kepda jihad bersenjata dan jihad memperdalam ilmu pengetahuan dan pengertian tentang agama. Jika yang pergi perang beratruh nyawa dengan musuh, maka yang tinggal digaris belakang memeperdalam pengertian (Fiqh) tentang agama. Sebab tidaklah kurang penting jiahad yang mereka hadapi. Ilmu agama wajib diperdalam. Ada pahlawan perang dimeadan perangdengan pedang ditangan dan ada pahlawan digaris belakang merenung kiatab. Keduanya penting dan keduanya isis mengisi. Suatau hal yang terkandung dalam ayat ini yang muti kiata perhatikan yaitu alangkah baiknya keluar dari tiap-tiap golongan itu, diantara mereka ada satu kelompok, supaya mereka memperdalam pengertian agama.
Jika dilihat sepintas, seakan-akan ada pahlawan diantara ayat-ayat ini bertentangan atau berlawanan bahwa kalau seruan peperangan ( nafir) telah datang., hendaklah pergi berperang, biar rinag ataupun berat, muda ataupun tua, buajang atau sudah berkeluargadengan ayat122 diatas.. Sebab yat 122 ini dijelaskan bahwa tiadklah baika jika orang yang beriman itu turut semuanya. Padahal tidaklah ayat ini bertentangan atatu berlawanan dan tidaklah pula nasikh-mansukh. Sebab ayat 122 ini masih jelas diteangkan bahwa golongan-golonagn itu keluar apabila panggilan sudah datang. Mereka semuanya datang kepada Rosulluloh untuk mendaftarkan dirinya, tetapi  hendaklah dari golongan-golongan yang banyak ittu, yang diwaktu itu datang berbondong kepada Rosulluloh, ada satu kelompo (Thaifatun), yang bersungguh-sungguh memeperdalam ilmu pengetahunnya dalam hal agama.
Tegsnnya adlah semua golongan itu harus berjihat, turut berjuang. Tetepi rosulluloh membagi tugas mereka masing-masing . Ada yang bejihad kegaris muka ada juga yang berjiahd ke garis belakang. Sebab itu maka kelompok kecil yang memperdalam pengetahuannya tentang agama itu adlah sebagian daripada jihad juga.
Ayat ini adlah tuntunan yang jelas sekali tentang pembagian pekerjaan didalam melaksanakan seruan perang. Alangkah baiknya keluar dari golongan-goglongan it, yaitu golongan iman yang besar bilangnya, yang berintikan penduduka kota madinah da kampung-kampung sekelilingnya. Dri golonagn yang besar itu adkalah satu kelompok( cara sekarang suatu panitia), atau komisi atau satu dan khusus, yang tidak terlepas dari golongan yang besar itu, dalam rangka berperang. Tugas mereka  adalah memperdalan pengertian, penyelidikan dan soal-soal agama belaka.
Boleh dikatkan bahwaa pada zman rosulluloh saw masih hidup, keadaan selalu dalam keadaan pearng. Cara sekarang adlah selalu berevolusi. Musuh-musuh mengepung dari segala penjuru. Maka ayat ini memberi tuntunagn jangan lengah tentang nilai apa yang sebenarnya diperjuangkan. Yang diperjuankan adlah agama.
Zaman modern seperti sekarang inipun telah membuktikan lebih dalam lagi kebenaran ayat 122ini. Zaman specialisasi. Kejurusan dan kekhususan suatu ilmu. Ilmu-ilmu agama islam sendiri bidang-bidang khusus sendiri. Jarang seorang ulama yang ahli dalam segala ilmu. Sebab itu maka pengertian cabang-cabangnya wajiblah diperdalam.
Pada ujung ayat 122 intinya adalah kewajiban dari kelompok yang tertentu memperdalam faham agama itu, yaitu supaya dengan pengetahuan mereka yang lebih dalam, mereka dapat memerikan peringatan dan ancaman kepada kaum mereka sendiri. Apabila merakakembali pulang supaya kaum itu berhati-hati, dengan adanya ujung ayat ini nampaklah tugas yang berat dari ulama dalam islam.
c. Penafsiran Q.S at-Taubah ayat 122 menurut tafsir Al Mashbah.
Anjuran demikian gencar, pahala yang demikia besar bagi yang berjihad serta kecaman yang sebelumnya dituukan kepada yang enggan menjadikan kaum beriman berduyung-duyung dan dengan penuh semangat maju ke medan juang. Ini tidak pada tempatnya , karena ada arean perjuangan lain yang harus dipikl.
Selam ulama menyebut riwayat menyatakan bahwa ketika Rasul SAW, tiaba kembali ke Madinah. Beliau mengutus pasukan yang terdiri dari beberapa orang kebeberapa daerah.  Banyak sekali yang ingin terliabat dalam pasukan yang kecila itu. Sehingga jiak diperuntukan, maka tidak akan tinggal di Madinah bersama rasul kecuali beberapa orang gelintir saja. Ayat ini menurut kaum muslimn untuk membagi untuk membagi tugas dengan menegaskas bahwa tidak sepatutnya bagi orang-oarang mukmin yang selama ini dianjurkan agar bergegasmenuju medan perang pergi semau ke medan perang sehingga tidak tersisa lagi yang melaksankan tugas-tugas yang lain. Jika memang tidak ada panggilan yang bersifat mobilitas umum maka mengapa tidak pergi dari tiap-taiao golongn yakni kelompok besar diantara mereka beberapa orag dari golongan itu untuk bersungguh-sungguh memperdalam pengetahuan tentang agama sehingga mereka dapat memperoleh manfaat untuk diri mereka dan uttuk orang lain dan juga untuk memberi perinagtan kepada kaum mereaka yang menjadi anggota pasukan yang ditugaskan Rasullulaoh SAW. Itu apabila setelah nanti selain tugas mereka yakni anggota [asukan itu telah kembali mereka yang memperdalam pengetahuan itu, supaya mereka yang jauh dari rosulluloh SAW. Karena tugasnya dapat berahati-hati dan menjaga diri mereka.
Ayat ini menggaris bawahi pentingnya memperdalam ilmu dan memperluaskan informasi yang benar. Ia tidak kurang pentingnya dari memperdalam ilmu da menyebarluaskan informasi yang benar. Ia tidak kurang penting upaya mempertahankan wilayah. Bahkan pertahanan wilayah berkaitan erat dengan kemampuan informasi serta kehandlan ilmu penegtahuan atau sumber daya manusia. Semetara ulama mengaris bawahi persamaan redaksi anjuaran/aperintah menyagkut kedua hal terebut . Ketiak berbicara perang redaksi ayat 120 dimuali dengan mengguankan istialah maakana, demikian juga ayat ini yang berbicara tentang pentingnya memeperdalam ilmu dan menyebarkan informasi.
Diatas ketiaka menjelaskan ayat 115 suarat ini tealah dikemukakan pandangan asy-Ay'rawi tentang artai maakana. Jika emikian, ayat 115 dan ayat 120 yang lalu bermaksud menyatakan bahwa tiadak ada kemampuan penduduk Madinah meninggalkan rasulluloh sendiri di Madinah. Tidak ada juga kemampuan bagi seluruhkaum muslimin untuk pergi berperang tanpa ada yang tinggal memperdalam ilmu dan menyebarka onformasi. Jadi, kalau kemampuan itu yidak ada, bebrati ereka tidak dapat mengelak dari perintah tersebut, sehingga mau tidak mau itu harus terlaksana. Maka dari itu disin para ulam bertemiu ketika mnyatkan bahwa readksi tersebuat digunakan untuk memerintahakan sesuatu dengan sungguh-sungguh.
Tertera diatas bahwa yang diamkasud orang yang memperdalam pengetahuan demikian juga memberi perintah adalah mereka yang yang tinggal bersma Rosulluloh. Dan tidak mendapatkan tugas sebagai anggota pasukan, sedang yang diberi perintah adalah anggota pasukan yang keluar yang melaksanakan tugas yang dibebankan rosulluloh. Ini adlah mayoritas ulama. 
Ayat ini mengaris bawahi terlebih dahulu motivasi bertafaqquh/ memperdalam bagi mereka yang dianjurkan keluar, sedang motifasi utama mereka yang berperang bukanlah tafqquh. Ayat ini tidak berkata bahwa hendaklah jika mereka pulang bertafaqquh, tetapi berkat 'untuk memberi peringatan kepada kaum mereka apabial mereka telah kembali kepada meraka, supaya mereka berhat0hati. Peringatan itu halsil tafaqquh. Itu tidak mereka diperoleh pada ssaat terlibat perang, kreana yang terlibat ketiak itu pasialh sedemikian sibuk menyusun sttategi dan menghalangan serangan, mempertahnkan diri sehingga  ia tidak mungkin ia dapat bertaqquh memperdalam pengetahuan, memang harus diakui, bahwa yang bermaksud memperdalam agama haru memahami arena, serta memperhatiakn kenyataan yang ada, tetapi itu tidak berarti tidak dapat dialkuak oleh mereka yang tidak terliabt dalam perang. Bahkan tidak keliru jiak diaktakan bahwa yang tidak terlibat dalam perang. Bahkan tidak kelirujiak dikatakan bahwa yang terliabat dalam perang itulah yang lebih mampu menarik pelajaran., mengembangkan ilmu daripada mereka yang terliabat langsung dalam perang.
C.  Nilai Pendidikan yang terkandung dalam Q.S  at-ataubah :122 
Surat at-Taubah ayat 122 merupakan ayat yang menjelaskan tentang pentingnya menuntu  ilmu agama. Nilai pendidikan yang terkandung dalam ayat itu adalah sebagi berikut:
1. Kewajiaban mendalami agama dan kesiapan untuk mengajarkanny
Maksudnya, tidaklah patut bagi orang-orang mukin. Dan juga tidak dituntut supaya mereka seluruhny aberangakat menyertai setiap utusan perang yang keluar yang menuju medan perjuangan. Kareana menuntut ilmu itu merupakan suatu keawjiban sehingga menuntut ilmu memepunyaii derajat  yang sangat tinggi, sehingga disejajarkan dengan orang yang perang dijalan Allah.
2. Hasil dari pembelajaran itu tidak siap hanya untuk dirinya sendiri diharapkan mampu utnuk menyampaikan tehadpa oranga lain
BAB III
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
Menuntut ilmu merupakna salah satu bentuk jihad dijalan Allah swt, khususnya memperdalam ilmu agam. Tujuan dari memnuntut ilmu agama adlah untuk memberikan peringatan kepada sesama muslim agar selalu berhati-hati dan tidak menyimpang dari ajaran agama . Selainitu memperdalam ilmu agama guna mengajarkannya kepada orang lain agar smapi kepada keturunan kita nanti.
Daftar Pustaka 
M. Quraish Shihad. 2001. TAFSIR AL-MISHBAH Pesan , Kesan, dan Keserasian Al-Qur'an Volume 5, Jkarta: Lentera Hati
Ahmad Musstafa Al- Maragi,1992. Terjemahan Tafsir Al-Maragu Juz 10-11-12, Semarang: CV Toha Putra
Hamka. 1965. Al-Azhar Juz XI, Jakarta: Yayasan Nurul Islam 

Komentar

  1. Terimakasih..
    Tafsir ayat ini di kitab tafsir Al Misbah dan tafsir Al maraghy ayat berapa?
    Terimakasih sekali lagi

    BalasHapus
  2. Ayat ini di kitab tafsir Al Misbah halaman berapa?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadis Tarbawi ( Cita-Cita dan Harapan Belajar)

Hadis Tarbawi (Pengaruh Pendidikan)