Bulan Ramamdhan

Assalamu'alaikum  wr.wb
Alhamdulilah sebentar lagi akan memasuki bulan ampunan. Bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim. Yaitu bulan Ramadhan. Dimana bulan ini adalah bulan yang penuh berkah dan penuh dengan ampunan. Mari kita sambut bulan ini dengan penuh kegembiraan.

Ramadhan adalah bulan ke sembilan dari kalender Islam  dan dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia dengan puasa (Saum) dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad menurut keyakinan umat Muslim.Perayaan tahunan ini dihormati sebagai salah satu dari Rukun Islam.Bulan Ramadan akan berlangsung selama 29–30 hari berdasarkan pengamatan hilal, menurut beberapa aturan yang tercantum dalam Hadits.
Kata Ramadan berasal dari akar kata bahasa Arab ramiḍa atau ar-ramaḍ, yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan. Puasa dalam hukumnya merupakan fardu (diwajibkan) untuk Muslim dewasa, kecuali mengalami halangan untuk melakukannya seperti sakit, dalam perjalanan, sudah tua, hamil, menyusui, diabetes atau sedang mengalami menstruasi.Berpuasa pada bulan Ramadan menjadi keharusan (wājib) saat bulan Sya'ban, pada tahun kedua setelah hijrahnya umat Muslim dari Mekkah ke Madinah. Bulan Ramadan diawali dengan penentuan bulan sabit sebagai pertanda bulan baru.
Ketika berpuasa dari pagi hingga petang, Muslim dilarang untuk makan, minum cairan apapun, merokok, dan berhubungan seksual. Muslim juga diperintahkan untuk menghindari perbuatan dosa untuk menyempurnakan pahala puasa, seperti berkata yang jelek (menghina, memfitnah, mengutuk, berbohong, dan lain-lain) dan berkelahi. Makanan dan minuman dapat disediakan setiap hari, yakni ketika sebelum Matahari terbit (Subuh) hingga terbenamnya Matahari (Magrib). Pendekatan spiritual (taubat) ketika bulan Ramadan ramai dilakukan. Berpuasa untuk Muslim saat Ramadan biasanya diikuti dengan memperbanyak salat (sembahyang) dan membaca Al-Qur'an.
Kekhususan bulan Ramadan ini bagi pemeluk agama Islam tergambar pada Alquran pada surah Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa"
—(Al-Baqarah 2: 183)
Ayo kita tingkatkan Ibadah kita agar kita mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Dan mendapatkan Syafaat di bulan Ramadhan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadis Tarbawi ( Cita-Cita dan Harapan Belajar)

Hadis Tarbawi (Pengaruh Pendidikan)

Tafsir Tarbawi (Q.S At-Taubah ayat 122)