PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL

MAKALAH
PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL
Disusun untuk memenuhi tugas mandiri
Mata kuliah: Pendidikan Islam Multikultural
Dosen pengampu: Agus Salim Chamidi, M.pd.I
Disusun oleh:
Nama Mardiyah
Nim : 1415458
INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA
(IAINU) KEBUMEN 
2017
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah.

Allah SWT. menciptakan manusia dengan bermacam-macam perbedaan supaya bisa saling berinteraksi mengenal antara satu dengan yang lainnya. Perbedaan bangsa dan suku tentu akan melahirkan bermacam budaya yang ada di masyarakat.
Berangkat dari perbedaan tersebut maka setiap budaya akan mempunyai norma atau standard-standard tingkah laku yang terdapat di dalam masyarakat bermacam-macam. Sedikit banyak norma-norma itu berlainan antara satu individu atau kelompok dengan individu atau kelompok yang lain, karena sistem nilai dan keyakinan yang berkembang di dalam masyarakat-masyarakat tertentu, ditinjau dari sudut kebudayaan, memisahkan masyarakat-masyarakat itu dari masyarakat-masyarakat yang lain sehingga berkembang corak nilai-nilai dan keyakinan yang berbeda-beda. Ini menjadi sebuah kenyataan yang melatarbelakangi timbulnya bermacam perbedaan dan keragaman budaya.
Pada prosesnya interaksi yang berlangsung baik secara individu maupun kelompok ternyata banyak menimbulkan masalah tersendiri. Permasalahan yang muncul di tengah-tengah kehidupan mempunyai latar belakang yang beraneka ragam.
Orang-orang yang berkompeten dalam bidangnya, semisal pemuka agama, tokoh masyarakat bahkan birokrasi pemerintah telah berupaya dengan berbagai cara agar tercipta harmonisasi kehidupan baik dalam tataran mikro ataupun makro melalui saling menghargai dan menghormati setiap perbedaan yang ada. Upaya-paya tersebut melalui banyak cara yang ditempuh seperti bentuk artikel dan dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.
Akan tetapi kenyataan yang terjadi di masyarakat ternyata belum sesuai dengan harapan. Acap kali terjadi gesekan-gesekan karena berasal dari sebuah perbedaan mengakibatkan permasalahan yang tidak mudah untuk diselesaikan. Banyak faktor yang melatarbelakangi permasalahan yang muncul ke permukaan, menjadi konflik yang bermuara pada perbedaan individu ataupun kelompok.
Bila kelompok kemasyarakatan yang obyektif mengalami disorganisasi sosial, manusia akan kehilangan bimbingan, kontrol sosial, dan sanksi sosial. Pola kehidupan banyak diwarnai keliaran dan konflik-konflik internal dan eksternal yang semakin intensif.
Permasalahan atau konflik yang muncul berakibat menjadi sebuah tindakan yang terkadang membahayakan hidup dalam berbangsa dan bernegara yang memecah persatuan dan kesatuan.
Dalam lingkup keagamaan, menjadi konflik horisontal antar ummat seagama ataupun beda agama (keyakinan). Konflik-konflik berlatar belakang agama pada saat sekarang intensitasnya semakin meningkat. Dari konflik tersebut tidak sedikit melahirkan kelompok-kelompok yang bersikap radikal dan anarkhis.
Seringnya konflik dan permasalahan yang muncul dari sisi keagamaan dewasa ini menyebabkan merebaknya aksi-aksi terorisme, anarkhisme terhadap individu atau kelompok dan tempat-tempat ibadah yang akhirnya mengganggu perdamaian dan ketenangan masyarakat luas. Terkadang perilaku tersebut tidak hanya merugikan diri sendiri atau kelompoknya, bangsa dan negara juga turut dirugikan.
Kerusuhan demi kerusuhan yang terjadi juga menjadi sebuah bukti bahwa bangsa yang mayoritas beragama Islam ini belum atau bahkan tidak menghargai perbedaan, lebih suka memaksakan kehendak diri atau kelompoknya sendiri.
B. RUMUSAN MASALAH
a. Pengertian Pendidikan Islam Multikultural
b. Tujuan Pendidikan Islam Multikultural
c. Arti penting PIMK
d. Manfaat dari PIMK

BAB II
PEMBAHASAN
A. Apa Itu Pendidikan Islam Multikultural
a. Pengertian Pendidikan Islam
Istilah pendidikan dalam konteks Islam telah banyak dikenal dengan menggunakan terma yang beragam, yaitu at-tarbbiyah, at-ta’lim, dan at-ta’dib.Tiap-tap istlah itu mempunyai makna, dan pemahaman yang berbeda walaupun dalam beberapa hal tertentu memiliki kesamaan mak’na.
Pemakaian ketiga istilah tersebut, terlebih lagi jika pengkajiannya didasarkan atas sumber pokok ajaran Islam (Al-Qur’an dan As-Sunnah), selain akan memberikan pemahaman yang luas tentang pengertian Islam, secara filosofis pun akan memberikan gambaran mendalam tentang bagaimana sebenarnya hakikat dari pendidikan Islam. Untuk kebutuhan itulah berikut ini penjelasan sekilas tentang pengertian ketiga istilah itu.
Meskipun kata at-tarbbiyah tidak digunakan dalam leksiologi Al-Qur’an, ada beberapa kata yang sebangun dengan kata itu, yaitu ar-rabb, rabb ayani, nurabbi, ribbi’yyun, dan rabbani.
Menurut Zakiah Drajat (1995), pendidikan Islam lebih banyak diarahkan pada perbaikan sikap mental yang terwujud dalam amal perbuatan, baik bagi keperluaan diri sendiri maupun orang lain, baik bersifat teoritis maupun praktis.
Adapun menurut A. Mustafa (1999: 11), pendidikan Islam yaitu proses bimbingan dari pendidik terhadap perkembangan jasmani, rohani, dan akal perserta didik ke arah terbentuknya pribadi Muslim yang baik. Hal ini dikarenakan pendidikan Islam dapat difungsikan untuk mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan hidup manusia ( sebagai makhluk pribadi dan social) pada titik optimal kemampuannya untuk memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.Dalam hal ini, pendidik sebagai sarana dalam membentuk kepribadian manusia seutuhnya. Sangat bergantung pada pemegang kebijakan dalam menentukan keberhasilan proses pendidikan yang telah berjalan di berbagai daerah, mulai sistem yang sederhana sampai menuju sistem pendidikan Islam yang modern (Armai Aref, 2005: 4)
Ahmad Tafsir (2005: 12) menegaskan bahwa ilmu pendidikan Islam adalah ilmu pendidikan yang berdasarkan Islam, Ilmu pendidikan Islam merupakan kumpulan teori tentang pendidikan berdasarkan ajaran Islam.
Ilmu pendidikan Islam yang bercorak historis adalah ilmu Islam yang memfokuskan kajiannya pada data-data empiris yang dapat dilacak dalam sejarah, baik berupa karya tulis, peninggalan berbagai aspeknya.
Dari berbagai pengrtian pendidikan Islam tersebut dapat disimpulkan bahwa  pendidikan Islam adalah proses bimbingan dari pendidik yang mengarahkan anak didiknya pada perbaikan sikap mental yang akan terwujud dalam amal perbuatan dan terbentuknya pribadi muslim yang baik. 
b. Pengertian Pendidikan Multikultural
Sebagai sebuah wacana baru, pengertian pendidikan multikultural sesungguhnya hingga saat ini belum begitu jelas dan mash banyak pakar pendidikan yang memperdebatkannya.Namun demikian, bukan berarti bahwa definisi pendidikan multikultural tidak ada atau tidak jelas. Sebetulnya, sama dengan definisi pendidikan yang penuh penafsiran antara satu pakar dengan pakar lainnya di dalam menguraikan makna pendidikan itu sendiri. Hal ini juga yang terjadi pada penafsiran tentang arti pendidikan multikultural.
Pendidikan multikultural (Multicultural Education) merupakan respon terhadap perkembangan keragaman populasi sekolah, sebagaimana tuntutan persamaan hak bagi setiap kelompok.Dalam dimensi lain, pendidikan multikultural merupakan pengembangan kurikulum dan aktivitas pendidikan untuk memasuki berbagai pandangan, sejarah, prestasi dan perhatian terhadap orang-oarang non Eropa (Hilliard, 1991-1992). Sedangkan secara luas, pendidikan multikultural itu mencangkup seluruh siswa tanpa membedakan kelompok-kelompoknya seperti gender, etnis, ras, budaya, strata social dan agama.
Multikultural adalah suatu masyarakat yang ditandai oleh kebiasaan menggunakan lebih dari satu kebudayaan.Jika kita hidup di tengah-tengah masyarakat yang mempunyai banyak keanekaragaman, maka kita harus memahami dan menerapkan mutikulturalisme.
Pendidikan multikultural adalah merupakan suatu gerakan pembaharuan dan proses untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang setara untuk seluruh siswa. mengartikan pendidikan multikultural sebagai perspektif yang mengakui realitas sosial, politik, dan ekonomi yang dialami oleh masing-masing individu dalam pertemuan manusia yang kompleks dan beragam secara kultur, dan merefleksikan pentingnya budaya, ras, seksualitas dan gender, etnisitas, agama, status social, ekonomi, dan pengecualian-pengecualian dalam proses pendidikan.atau dengan lain kata, ruang pendidikan sebagai media transformasi ilmu pengetahuan (knoeledge) hendaknya mampu memberikan nilai-nilai multikulturalisme dengan cara saling menghargai dan menghormati atas realitas yang beragama, baik latar belakang maupun basis sosio budaya yang melingkupinya.
Mengenai fokus pendidikan multikultural, Tillar mengungkapkan bahwa dalam program pendidikan multikultural, fokus tidak lagi diarahkan semata-mata kepada kelompok rasial, agama dan kultural dominan atau mainstream. Focus seperti ini pernah menjadi tekanan pada pendidikan interkultural yang menekankan peningkatan pemahaman dan toleransi individu-individu yang berasal dari kelompok minoritas terhadap budaya mainstreamyang dominan, yang pada akhirnya menyebabkan orang-orang dari kelompok terintregasi ke dalam masyarakat mainstream.Pendidikan multikultural sebenarnya merupakan sikap”peduli” dan mau mengerti (difference), atau politics of recognition (politik pengakuan terhadap orang-orang dari kelompok minoritas).
Dalam konteks itu, pendidikan multikultural melihat masyarakat secara lebih luas. Pandangan dasar bahwa sikap ”indifference” dan “non-recognition” tidak hanya berakar dari ketimpangan struktur rasial, tetapi paradigma pendidikan multikultural mencangkup subjek-sub-jek mengenai  ketidakadilan, kemiskinan, penindasan dan keterbelakangan kelompok-kelompok minoritas dalam berbagai bidang: social, budaya, ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya. Paradigm seperti ini akan mendorong tumbuhnya kajian-kajian tentang ‘ethnic studies’ untuk kemudian menemukan tempatnya dalam kurikulum pendidikan sejak dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Tujuan inti dari pembahasan tentang subjek ini adalah untuk mencapai pemberdayaan (empowerment) bagi kelompok-kelompok minoritas dan disadvantaged.
Dalam konteks teoretis, belajar dari model-model pendidikan multicultural yang pernah ada dan sedang dikembangkan oleh Negara-negara maju, dikenal lima pendekatan, yaitu: pertama, pendidikan mengenai perbedaan kebudayaan atau multikulturalisme; kedua, pendidikan mengenai perbedaan kebudayaan atau pemahaman kebudayaan; ketiga, pendidikan bagi pluralsme kebudayaan; keempat, pendidikan dwi-budaya; kelima, pendidikan multicultural sebagai pengalaman moral manusia.
Jadi dengan keterangan di atas bisa disimpulkan bahwa  Pendidikan Islam multikultural pada hakikatnya adalah pendidikan yang menempatkan multikulturalisme sebagai salah satu visi pendidikan dengan karakter utama yang bersifat inklusif, egaliter dan humanis, namun tetap kokoh pada nilai-nilai spiritual dan ketuhanan yang berdasarkan al-Qur’an dan as-Sunnah.
B.  Tujuan Pendidikan Islam
Tujuan Pendidikan Multikultural dapat mencakup tiga aspek belajar (kognitif, afektif, dan tindakan) dan berhubungan baik nilai-nilai intrinsik (ends) maupun nilai instrumental (means) Pendidikan Multikultural. Tujuan Pendidikan Multikultural mencakup:
1. Pengembangan Literasi Etnis dan Budaya
Pendidikan Multikultural adalah mempelajari tentang latar belakang sejarah, bahasa, karakteristik budaya, sumbangan, peristiwa kritis, individu yang berpengaruh, dan kondisi sosial, politik, dan ekonomi dari berbagai kelompok.
2. Perkembangan Pribadi
Dasar psikhologis Pendidikan Multikultural menekankan pada pengembangan pemahaman diri yang lebih besar, konsep diri yang positif, dan kebanggaan pada identitas pribadinya.Penekanan bidang ini merupakan bagian dari tujuan Pendidikan Multikultural yang berkontribusi pada perkembangan pribadi siswa, yang berisi pemahaman yang lebih baik tentang diri yang pada akhirnya berkontribusi terhadapat keseluruhan prestasi intelektual, akademis, dan sosial siswa.
3. Klarifikasi Nilai dan Sikap
Pendidikan Multikultural mengangkat nilai-nilai inti yang berasal dari prinsip martabat manusia (human dignity), keadilan, persamaan, kebebasan, dan demokrasi. Maksudnya adalah mengajari generasi muda untuk menghargai dan menerima pluralisme etnis, menyadarkan bahwa perbedaan budaya tidak sama dengan kekurangan atau rendah diri, dan untuk mengakui bahwa keragaman merupakan bagian integral dari kondisi manusia.
4. Kompetensi Multikultural
Pendidikan Multikultural dapat meredakan ketegangan ini dengan mengajarkan ketrampilan dalam komunikasi lintas budaya, hubungan antar pribadi, pengambilan perspektif, analisis kontekstual, pemahaman sudut pandang dan kerangka berpikir alternatif, dan menganalisa bagaimana kondisi budaya mempengaruhi nilai, sikap, harapan, dan perilaku. Pendidikan Multikultural dapat membantu siswa mempelajari bagaimana memahami perbedaan budaya tanpa membuat pertimbangan nilai yang semena-mena tentang nilai intrinsiknya.Untuk mencapai tujuan ini anak dapat diberi pengalaman belajar dengan memberi berbagai kesempatan pada siswa untuk mempraktekkan kompetensi budaya dan berinteraksi dengan orang, pengalaman, dan situasi yang berbeda.
5. Kemampuan Ketrampilan Dasar
Tujuan utama Pendidikan Multikultural adalah untuk memfasilitasi pembelajaran untuk melatih kemampuan ketrampilan dasar dari siswa yang berbeda secara etnis. Pendidikan Multikultural dapat memperbaiki penguasaan membaca, menulis dan ketrampilan matematika; materi pelajaran; dan ketrampilan proses intelektual seperti pemecahan masalah, berpikir kritis, dan pemecahan konflik dengan memberi materi dan teknik yang lebih bermakna untuk kehidupan dan kerangka berpikir dari siswa yang berbeda secara etnis.
6. Persamaan dan Keunggulan Pendidikan
Tujuan persamaan multikultural berkaitan erat dengan tujuan penguasaan ketrampilan dasar, namun lebih luas dan lebih filosofis. Untuk menentukan sumbangan komparatif terhadap kesempatan belajar, pendidik harus memahami secara keseluruhan bagaimana budaya membentuk gaya belajar, perilaku mengajar, dan keputusan pendidikan.
7. Memperkuat Pribadi untuk Reformasi Sosial
Tujuan terakhir dari Pendidikan multikultural adalah memulai proses perubahan di sekolah yang pada akhirnya akan meluas ke masyarakat. Tujuan ini akan melengkapi penanaman sikap, nilai, kebiasaan dan ketrampilan siswa sehingga mereka menjadi agen perubahan sosial (social change agents) yang memiliki komitmen yang tinggi dengan reformasi masyarakat untuk memberantas perbedaan (disparities) etnis dan rasial dalam kesempatan dan kemauan untuk bertindak berdasarkan komitmen ini
8. Memiliki wawasan kebangsaan/kenegaraan yang kokoh
Dengan mengetahui kekayaan budaya bangsa itu akan tumbuh rasa kebangsaan yang kuat. Rasa kebangsaan itu akan tumbuh dan berkembang dalam wadah negara Indonesia yang kokoh. Untuk itu Pendidikan Multikultural perlu menambahkan materi, program dan pembelajaran yang memperkuat rasa kebangsaan dan kenegaraan dengan menghilangkan etnosentrisme, prasangka, diskriminasi dan stereotipe.
9. Memiliki wawasan hidup yang lintas budaya dan lintas bangsa sebagai warga dunia
Hal ini berarti individu dituntut memiliki wawasan sebagai warga dunia (world citizen). Namun siswa harus tetap dikenalkan dengan budaya lokal, harus diajak berpikir tentang apa yang ada di sekitar lokalnya. Mahasiswa diajak berpikir secara internasional dengan mengajak mereka untuk tetap peduli dengan situasi yang ada di sekitarnya - act locally and globally.
10. Hidup berdampingan secara damai
Dengan melihat perbedaan sebagai sebuah keniscayaan, dengan menjunjung tinggi nilai kemanusian, dengan menghargai persamaan akan tumbuh sikap toleran terhadap kelompok lain dan pada gilirannya dapat hidup berdampingan secara damai.
B. Arti Penting Pendidikan Islam Multikultural
Menurut ajaran Islam, multikulturalitas merupakan sunnatullah yang tidak bisa diingkari. Justru dalam multikulturalitas terkandung nilai-nilai penting bagi pembangunan keimanan. “Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah mencipta-kan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-anda bagi orang yang mengetahui”. (QS. al-Rûm; 22).
Sejak masa awal perkembangannya, Islam telah menjadi agama dan peradaban yang senantiasa bersentuhan dengan agama dan peradaban lain. Di awal pertumbuhan dan perkembangannya, Islam berhadapan dengan budaya dan peradaban masyarakat Arab jahiliah yang menganut kepercayaan paganisme. Nabi Muhammad sebagai pembawa pesan (risalah) dan ajaran Allah berusaha meluruskan dan membenahi akidah masyarakat Arab pada waktu itu dengan tetap menjalin hubungan baik dengan mereka. Walaupun dalam perjalanan menyampaikan dakwahnya sering terjadi perbenturan dengan masyarakat jahiliah, namun sebenarnya benturan dan perang itu hanya ditempuh sebagai alternatif terakhir setelah segala jalan damai yang ditempuh gagal. Dengan demikian, sebenarnya Islam tidak pernah mengajarkan umatnya untuk memusuhi agama lain. Sebaliknya, Islam menyuruh manusia untuk menjalin kerjasama dan hubungan yang baik dengan siapapun untuk membangun peradaban manusia yang lebih baik.
Islam pada esensinya memandang manusia dan kemanusiaan secara sangat positif dan optimistik. Menurut Islam, seluruh manusia berasal dari satu asal yang sama; Nabi Adam dan Hawa. Meskipun nenek moyangnya sama, namun dalam perkembangannya kemudian terpecah menjadi bersuku-suku, berkaum-kaum, atau berbangsa-bangsa, lengkap dengan segala kebudayaan dan peradaban khas masing-masing. Semua perbedaan yang ada selanjutnya mendorong mereka untuk saling mengenal dan menumbuhkan apresiasi satu sama lain. Inilah yang kemudian oleh Islam dijadikan dasar perspektif “kesatuan umat manusia” (universal humanity), yang pada gilirannya akan mendorong solidaritas antar manusia.
Untuk masa sekarang arti penting dari pendidikan islam multicultural adalah pendidikan mengenai keragaman kebudayaan islam,yang semakin tahun semakin berkembang. Terutama di Indonesia. Dan utamanya didaerah yang masih kental dengan budayanya. 
D.  Manfaat Pendidikan Multikultural
1. Tidak adanya dominasi dan diskriminasi diantara kelompok
2. Tidak adanya saling mencemooh antar kelompok
3. Hidup berdampingan secara harmonis
4. Saling toleransi
5. Menghormati
6. Pengertian dll.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pendidikan Islam adalah proses bimbingan dari pendidik yang mengarahkan anak didiknya pada perbaikan sikap mental yang akan terwujud dalam amal perbuatan dan terbentuknya pribadi muslim yang baik.Maka dengan adanya pendidikan multikultural dapat memberikan hak bagi siapa saja yang ingin hidup.Karena hidup tidak sendiri kesemuanya saling ketergantungan.Maka antara sesama manusia harus adanya jalinan yang harmonis. Baik antar suku,etnis, budaya ras dll.
Dengan  adanyapendidikan multikultural akan menciptakan suasana yang saling damai antar sesama dan akan menjadikan hidup penuh makna. 
Daftar Pustaka
Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2011)
Abdul Kodir, Sejarah Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2015),
Choirul Mahfud, Pendidikan Multikultural, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014)
Choerul Mahfud, Pendidikan Multikultural, ( Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014), 
http://dapah.blogspot.co.id/2013/08/tujuan-pendidikan-multikultural.html#.WL534jhMRqA
http://jauharluluk.blogspot.co.id/2012/12/pendidikan-multikultural.html

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadis Tarbawi ( Cita-Cita dan Harapan Belajar)

Hadis Tarbawi (Pengaruh Pendidikan)

Tafsir Tarbawi (Q.S At-Taubah ayat 122)